Abstract :
PT. Orela mengembangkan suatu prototipe yang berbentuk tabung yang disebut ship lift / pontoon lifting dengan material yang terbuat dari alumunium dan berfungsi sebagaif loating dock untuk keperluan reparasi kapal. Diameter dan panjang tabung sangat
mempengaruhi besar dari gaya angkat yang dihasilkan oleh pontoon lifting. Penelitian ini bertujuan untuk menyempurnakan desain pontoon lifting agar dapat mendapatkan ukuran dan dan gaya angkat yang baik untuk mengangkat kapal 200 ton. Metode yang digunakan yaitu
dengan prisnsip Archimedes persamaan luas lingkaran. Dari hasil penelitian di dapatkan ukuran utama sebagai berikut : L = 31 m, diameter tabung bawah = 1.88 m, diameter tabung atas = 0.44 m Tmax = 3.55 Tmin = 0.28 serta displasemen = 80.90 ton berdasarkan hasil
perhitungan menggunakan prinsip Archimedes didapatkan kesimpulan bahwa pada volume air
ballast 8,334 meter3 di tabung bagian belakang dan dengan volume air ballast 63,716 meter3
di tabung bagian depan pada kondisi even keel