Abstract :
Getaran yang terjadi pada kapal memiliki efek samping yang berpengaruh cukup besar terhadap ketahanan kontruksi kapal. Propeller merupakan salah satu komponen utama yang menyebabkan terjadinya getaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis getaran lateral dengan variasi nilai b dan l untuk mendapatkan kecepatn kritis yang disebabkan propeller serta mendapatkan nilai tingkat kebisingan. Metode yang digunakan metode numerical. Hasil penelitian didapatkan nilai estimasi terbesar terjadi pada kondisi fixed forward end,reverse whirl sebesar 21,34 Rpm dengan variasi b 298,39 mm, dan pada kondisi simple support, reverse whirl estimasi kecepatan kritis terbesar adalah 10,72 Rpm, kemudian untuk tingkat radiasi kebisingan pada nilai b = 298,39 mm di frekuensi 2,13 Hz, nilai b = 399,99 mm di frekuensi 1,5 Hz dan pada nilai b = 544 mm di frekuensi 1,07 Hz bernilai 134 dB, semuanya di bawah nilai standar ICES 209 yakni 135 dB yang berarti kodisinya baik.