Abstract :
Kemampuan manuver pada suatu kapal dipengaruhi oleh tipe rudder. Dari setiap tipe rudder seperti Single Plate dan NACA 0018 tentunya memiliki karakteristik dan kemampuan manuver yang berbeda. Tujuan dari dari penelitian ini adalah untuk membandingkan nilai lift force dari rudder tipe Single Plate yang telah digunakan pada kapal SPOB. DMLD 01 dengan rudder NACA 0018 dengan menggunakan software Computational Fluid Dynamic (CFD). Sedangkan kemampuan manuver dihitung berdasarkan persamaan Clark. Perbandinan ini berdasarkan pada variasi sudut 0o, 10o, 20o, 30o, dan 35o. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, pada rudder NACA 0018 memiliki kemampuan manuver yang lebih baik pada variasi sudut 10o dan 20o dengan nilai coefficient lift sebesar 0.3583 dan 0.6292, dan dengan nilai Steady Turning Diameter (STD) sebesar 163.27 m dan 46.49 m. Sedangkan pada rudder Single Plate memiliki kemampuan manuver yang lebih baik pada variasi sudut 30o dan 35o dengan nilai coefficient lift sebesar 0.5794 dan 0.6283, dan dengan nilai STD sebesar 28.29 m dan 22.36 m.