Abstract :
Pada tahun 2017, PT. Pertamina Hulu Mahakam (PHM) menggantikanTOTAL sebagai operator dalam mengelola eksplorasi minyak dan gas di wilayah
Mahakam telah melakukan penyelarasan bisnis organisasi sampai saat ini. Semenjak berganti operator, seluruh teknologi yang dahulu digunakan oleh
operator sebelumnya tidak dapat kembali digunakan oleh operator baru. Salah satu
teknologi tersebut ialah proses bisnis rekrutmen pegawai perusahaan sehinggamenyebabkan proses rekrutment pegawai permanen, kontrak maupun On Job
Training masih sangat dibatasi. Pada sisi lain, PHM yang merupakan anakperusahaan telah mendapat arahan dari Pertamina Persero agar dapat
menyelaraskan seluruh organisasi dan bisnis dengan Pertamina Persero pada tahun
2020 termasuk proses rekrutmen pegawai. Dengan kondisi ini, maka perlu dilakukannya pengelolaan proses bisnis rekrutmen pegawai untuk menunjang
proses rekrutmen dan tuntutan dari induk perusahaan. Pengelolaan proses bisnis
dilakukan dengan menggunakan siklus hidup Business Process Management dari
tahap identification, discovery, analysis, redesign hingga tahap implementation.
Pada tahap implementasi akan dilakukan hanya pada proses rekrutmen pegawai
dengan menggunakan Business Process Management Software bernama
Processmaker untuk memastikan proses bisnis yang dikelola telah sesuai dengankebutuhan perusahaan. Telah dihasilkan proses bisnis as-is sebanyak 3 model dan
proses bisnis to-be sebanyak 4 model yang dibuat berdasarkan kebutuhan users dan
hasil analisis yang telah dilakukan. Proses bisnis rekrutmen pegawai telah ix
diimplementasikan menjadi sebuah automasi sistem rekrutmen pegawai menggunakan perangkat lunak Processmaker.