DETAIL DOCUMENT
KENDALI HALUAN KAPAL MENGGUNAKAN NONLINEAR MODEL PREDICTIVE CONTROL (NMPC)
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Chotimah, Khusnul
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2021-08-13 02:11:52 
Abstract :
Sistem kemudi kapal memiliki sistem autopilot (kemudi otomatis) yang dirancang untuk membantu mengendalikan kapal selama masa transportasi di laut. Gerakan berbelok mengubah sudut haluan kapal oleh sistem autopilot dilakukan dengan menerapkan kendali haluan ke dalam model sistem. Model sistem gerak kapal dapat dituliskan secara matematis dengan persamaan nonlinear, sementara metode optimasi yang dapat menyelesaikan permasalahan kendali haluan kapal pada model sistem kapal yang nonlinear adalah Nonlinear Model Predictive control (NMPC). NMPC berperan dalam memperoleh kendali sehingga keluaran pada waktu yang akan datang bergerak mendekati referensi sepanjang prediksi horizon dengan energi yang dimasukkan ke dalam sistem yang minimum. Tugas akhir ini bertujuan untuk mendesain kendali haluan kapal serta menganalisis hasil simulasi dari penerapan dan desain Nonlinear Model Predictive Control (NMPC) dengan persamaan model yang digunakan adalah persamaan model kapal tiga derajat kebebasan. Berdasarkan simulasi dengan penentuan waktu sampel ( ) terbaik yaitu 0.5, serta =1000, optimasi dengan kendali NMPC menghasilkan keluaran sudut yaw yang mula-mula 30 derajat bergerak menuju nilai referensi 0 derajat diikuti kecepatan yaw dan pergerakan sudut rudder yang berhenti mengalami perubahan setelah sudut haluan yaw mencapai referensi. Selain itu diperoleh bahwa penentuan berpengaruh terhadap lama waktu sistem dalam mengubah haluan menuju referensi. 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan