Abstract :
UAV atau pesawat tanpa awak adalah sebuah model baru di bidang
kedirgantaraan saat ini karena UAV dapat dikontrol dari jarak jauh menggunakan
remote control dari luar pesawat atau dapat bergerak sendiri secara otomatis
program yang sudah ditanamkan pada sistem komputernya. Ketika terbang secara
otomatis pesawat harus dapat bermanuver mengikuti lintasan waypoint yang telah
diprogram melalui komputer. Sementara UAV berjenis Fixed Wing khususnya
pesawat Tail Twin Boom digunakan untuk misi yang harus dituntut memiliki daya
tahan tinggi saat terbang, maka pesawat ini harus di desain dan dirancang dengan
teliti agar dapat menjalankan misinya dengan baik. Saat terbang dan bermanuver,
altitude harus bisa dijaga oleh pesawat agar tidak terjadi pertambahan waktu
tempuh dan juga diameter banking. Diameter banking sendiri adalah hal yang tidak
ingin terjadi pada pesawat ketika bermanuver karena dapat mengakibatkan
pemborosan mulai dari waktu tempuh sampai sumber daya baterai. Ketika pesawat
bermanuver akan dipengaruhi oleh kecepatan terbangnya. Kecepatan terbang ini
dikontrol oleh kendali jarak jauh dinamakan throttle, maka dari itu tujuan pada
penelitian ini yaitu untuk mendesain dan merancang bangun pesawat tanpa awak
Tail Twin Boom, mengeganalisis pengaruh trottle terhadap waktu tempuh, altitude
dan diameter banking. Hasil desain dan struktur, pesawat memiliki lift dan CL
sebesar 9,879 N dan 0,3035 dengan airfoil NACA 4412. Ketika pengujian manuver
waktu tempuh untuk throttle 75% adalah 73,33s lebih cepat dari throttle 50% yang
sebesar 85,22s. Untuk pengaruh altitude memiliki nilai minimum dan maksimum
perubahan altitude di throttle 75% sebesar 25,369m dan 36,395m dan di throttle
50% sebesar 25,547m dan 35,437m. Selain itu, trendline linear untuk altitude di
throttle 75% cenderung naik yang artinya pesawat pada throttle tersebut lebih stabil
untuk menjaga ketinggiannya. Untuk diameter banking tidak terjadi pada pengujian
manuver ini, maka dengan demikian pesawat telah didesain dan dirancang mampu
bermanuver dengan baik.