DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PERFORMA ENDURANCE PESAWAT UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) TAIL TWIN BOOM
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Peratama, Irfan
Subject
TJ Mechanical engineering and machinery 
Datestamp
2021-12-14 06:23:22 
Abstract :
Unmanned Aerial Vehicle (UAV) merupakan pesawat udara tanpa awak yang dikendalikan dari jarak yang jauh dengan radio kontrol atau sistem auto sebagai alat pengendali. UAV dapat dikendalikan dalam misi penerbangan oleh pilot secara otomatis. Prestasi terbang yang dimiliki sebuah UAV dapat dikatakan baik apabila waktu tempuh (endurance) yang dihasilkan bernilai besar. Endurance merupakan parameter prestasi terbang pesawat sebagai panjang waktu terbang pesawat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui performa endurance secara teoretis, pengaruh kecepatan terhadap endurance dan pengaruh endurance terhadap jarak jangkau akan dibahas dengan hasil data pengujian dan teoretis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode teoretis dan eksperimen. Proses simulasi dengan software CFD merupakan langkah awal dalam metode teoretis. Desain 3 dimensi sayap pesawat akan digunakan sebagai model untuk didapatkan nilai koefisien lift (CL) dan koefisien drag (CD) dengan digunakan nya 3 variasi kecepatan terbang yaitu 15 m/s, 19,4444 m/s dan 25 m/s. Data nilai CL dan CD, selanjutnya akan dilakukan perhitungan untuk didapatkan nilai endurance dan jarak jangkau secara perhitungan. Metode eksperimen atau pengujian pada penelitian ini, akan digunakan 3 variasi kecepatan terbang yang sama dengan variasi kecepatan simulasi. Selama pengujian, pesawat terbang dengan ketinggian 50 m dan terbang dengan radius putaran sebesar 50 m pada fase cruise. Hasil yang diperoleh dari penelitian dijelaskan bahwa, nilai endurance secara teoretis dihasilkan pada kecepatan 15 m/s sebesar 639,39 s, pada kecepatan 19,4444 m/s endurance yang dihasilkan sebesar 376,92 s dan endurance yang dihasilkan pada kecepatan 25 m/s sebesar 231,48 s. Hubungan pengaruh kecepatan terhadap endurance dijelaskan bahwa, ketika kecepatan bernilai rendah maka endurance yang dihasilkan bernilai besar dan hubungan pengaruh endurance terhadap jarak jangkau dijelaskan bahwa, semakin tinggi endurance yang dihasilkan maka nilai jarak jangkau yang dihasilkan bernilai besar. 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan