Abstract :
Perkembangan dunia otomotif saat ini semakin canggih dengan banyak
dilakukannya penelitian tentang mobil listrik. Penelitian mobil listrik ini juga
dilakukan oleh para mahasiswa ITK yang tergabung dalam Enggang Electric
Vehicle (EV) ITK Team yang dimana telah menciptakan mobil listrik yang diberi
nama mobil Enggang Evo. Penelitian tentang mobil listrik di kalangan mahasiswa
ini bertujuan untuk mengikuti perlombaan dikancah nasional maupun internasional.
Enggang EV ITK Team sudah beberapa kali mengikuti perlombaan, salah satunya
adalah pada Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) di Politeknik Negeri
Bandung. Pada perlombaan KMLI 2019 memiliki beberapa kategori perlombaan,
salah satunya akselerasi. Karena latar belakang tersebut maka akan dilakukan
eksperimen terhadap pengaruh variasi gear ratio terhadap performa mobil Enggang
Evo3 pada pengujian akselerasi. Analisa ini bertujuan agar mengetahui performa
terbaik dari mobil listrik Enggang Evo3 itu sendiri. Metode yang dilakukan saat
eksperimen ini adalah dengan cara gear ratio yang divariasikan. Adapun variasi
yang digunakan dalam eksperimen ini adalah pada variasi gear ratio 1:4, 1:5 dan
1:6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi gear ratio berpengaruh terhadap
waktu tempuh, kecepatan dan percepatan yang dihasilkan mobil listrik Enggang
Evo3. Variasi gear ratio 1:4 merupakan variasi dengan performa terbaik atau paling
optimal karena pada jarak tempuh 50 meter sesuai dengan regulasi perlombaan
KMLI dapat menghasilkan nilai waktu tempuh, kecepatan dan percepatan akhir
yang paling besar dibandingkan dengan variasi gear ratio lainnya. Variasi gear
ratio 1:4 memiliki nilai waktu tempuh rata-rata sebesar 6.43 detik pada lintasan
lurus 50 meter, nilai kecepatan rata-rata sebesar 7.77 ????????? pada lintasan lurus 50
meter dan nilai percepatan rata-rata sebesar 1.20 ????
????
? 2 pada lintasan lurus 50 meter
sehingga pada mobil listrik Enggang Evo3 menggunakan variasi gear ratio 1:4
merupakan variasi yang paling optimal untuk diterapkan pada perlombaan KMLI
di kategori akselerasi.