Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Pramesty, Jordea Gadisha Intan
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Datestamp
2021-07-15 06:30:29
Abstract :
Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Manggar Baru merupakan salah satu pusat kegiatan perikanan di Kota Balikpapan. Berdasarkan potensi perikanan yang
dimiliki Kota Balikpapan, seharusnya kinerja di PPI Manggar baru berjalan secara optimal. Permasalahan yang terjadi di PPI Manggar Baru adalah masih rendahnya
produksi ikan yang didaratkan sehingga menyebabkan kinerja di PPI Manggar Baru menurun. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja PPI
Manggar Baru, perlu dilakukan pengukuran kinerja PPI Manggar Baru dengan menilai kegiatan operasional dan pelayanannya. Sehingga dengan adanya
permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja PPI Manggar Baru dengan menganalisis kinerja operasional
di PPI Manggar Baru, menganalisis kinerja pelayanan PPI Manggar Baru
berdasarkan tingkat kepuasan nelayan, dan menentukan nilai kinerja PPI Manggar
Baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya metode
pembobotan untuk menganalisis kinerja operasional di PPI Manggar Baru.
Kemudian metode analisis Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui
tingkat kepuasan nelayan terhadap kinerja pelayanan di PPI Manggar Baru. Serta
metode pembobotan untuk menentukan nilai kinerja PPI Manggar Baru. Hasil
analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa kinerja operasional PPI Manggar
Baru termasuk dalam kategori tidak berhasil dengan nilai keberhasilan sebesar
40,42%. Analisis kinerja pelayanan dengan menggunakan metode CSI
menghasilkan tingkat kepuasan nelayan secara keseluruhan sebesar 47,80%, hal
tersebut menyatakan nelayan merasa cukup puas dengan kinerja pelayanan di PPI
Manggar Baru. Dengan metode pembobotan, diperoleh nilai kinerja PPI Manggar
Baru secara keseluruhan sebesar 44,11%, hal tersebut menunjukkan bahwa nilai
kinerja PPI Manggar Baru masuk dalam kategori cukup baik.