DETAIL DOCUMENT
Analisis Penerimaaan NUADU sebagai Platform E-Learning dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Parastika, Anggi
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2021-08-02 05:42:26 
Abstract :
Pandemi COVID?19 mempengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat, termasuk sektor Pendidikan. Lembaga Pendidikan Integral Luqman Al?Hakim Balikpapan adalah salah satu sekolah yang baru menerapkan platform NUADU untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi. Namun penerapan sistem baru pada sekolah bisa sangat kompleks dan merepotkan bagi pengguna. Pada awal penerapan NUADU, pengguna diketahui jarang mengakses platform tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibutuhkan penelitian analisis penerimaan NUADU sebagai Platform E?Learning dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada sekolah. Penelitian bertujuan untuk mengukur dan menilai seberapa baik pemanfaatan dan penggunaan NUADU berdasarkan faktor?faktor yang berpengaruh terhadap penerimaanya. Penelitian dimulai dari tahap desain yang meliputi desain model konseptual dan desain kuesioner. Kemudian dilanjutkan ke tahap implementasi yang meliputi pengumpulan data, analisis deskriptif, pengujian data kuesioner dan pengujian model konseptual. Terakhir dilakukan tahap hasil dan pembahasan yang meliputi analisis interpretasi pengujian hipotesis dan pemberian rekomendasi. Hasil dan rekomendasi yang dihasilkan oleh penelitian dapat meningkatkan penggunaan dan manfaat dari implementasi NUADU pada Lembaga Pendidikan Integral Luqman Al-Hakim Balikpapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan NUADU oleh pengguna dipengaruhi oleh faktor kondisi fasilitas dan persepsi kemudahan penggunaan yang berpengaruh signifikan terhadap faktor persepsi kebermanfaatan. Lalu faktor persepsi kebermanfaatan berpengaruh signifikan terhadap faktor sikap penggunaan. Kemudian faktor sikap penggunaan berpengaruh signifikan terhadap faktor niat dan perilaku penggunaan. Terakhir, faktor niat dan perilaku penggunaan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan aktual. Adapun rekomendasi yang diberikan berdasarkan aspek yang perlu dibenahi guna meningkatkan penerimaan NUADU adalah membangun kepercayaan pengguna bahwa sistem akan tersedia saat dibutuhkan dengan mengurangi down times dan meningkatkan akses kecepatan internet yang wajar, sehingga menjaga ketersediaan situs e-learning 24/7, mengadakan pelatihan x intensif bagi guru melalui perwakilan dari sekolah yang telah dilatih oleh tim NUADU, sosialisasi informasi secara berkala kepada pengguna mengenai perubahan atau kurangnya fungsi NUADU, menambahkan fungsi NUADU berdasarkan kebutuhan pengguna dalam proses pembelajaran, meningkatkan intensitas penggunaan NUADU, memperkuat kesadaran pengguna dengan mempublikasikan panduan penggunaan dan jenis layanan baru dari NUADU melalui berbagai saluran/media, dan meningkatkan paket internet sekolah (kecepatan dan bandwith). 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan