DETAIL DOCUMENT
Analisis Faktor yang Memengaruhi Continuance Intention Pada Penggunaan Mobile Payment DANA Menggunakan Structural Equation Modeling
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Salsabila, Rizkya
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2021-08-02 06:30:44 
Abstract :
Penggunaan mobile payment di Indonesia yang semakin meningkat membuat banyak perusahaan finansial tertarik untuk ikut serta membuat layanan mobile payment. Pada bulan April tahun 2020, Jajak Pendapat melakukan survei untuk mengetahui trend digital wallet di Indonesia. Hasil dari survei tersebut menunjukkan bahwa aplikasi DANA menduduki peringkat pertama atas kategori mobile payment yang sering digunakan di Indonesia. Dengan berhasilnya menduduki posisi pertama, DANA harus tetap berusaha mempertahankan posisi tersebut untuk ke depannya. Peningkatan penggunaan aplikasi DANA terjadi saat penerapan PSBB berlangsung, hal tersebut terjadi karena kekhawatiran kontak langsung dengan uang tunai yang menjadi salah satu media penyebaran virus. Peningkatan tersebut menjadi tantangan bagi penyedia aplikasi DANA untuk memastikan pengguna terus menggunakan aplikasi meski pandemi Covid-19 telah berakhir. Dalam melakukan transaksi online, kepercayaan merupakan aspek yang sangat krusial. Keraguan yang dirasakan oleh pengguna terhadap risiko keuangan dan privasi dalam menggunakan mobile payment dianggap sebagai faktor yang sangat berdampak pada keinginan pengguna untuk menggunakan aplikasi secara berkelanjutan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi continuance intention pada penggunaan mobile payment DANA beserta hubungan antar faktornya. Metode yang digunakan adalah Structural Equation Modeling dan didasarkan pada model penelitian yang dilakukan oleh Zhen Shao, Lin Zhang, Xiaotong Li, dan Yue Guo pada tahun 2018. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan cakupan kota Balikpapan dan mendapatkan 415 responden. Data hasil penyebaran kuesioner diolah menggunakan SPSS dan Smart PLS. Setelah dilakukan analisis, didapatkan hasil bahwa kepercayaan merupakan faktor yang memengaruhi continuance intention. Didapatkan 4 faktor yang memengaruhi kepercayaan secara signifikan yaitu mobility, customization, security dan reputation. Dimana, mobility memiliki pengaruh terhadap kepercayaan perempuan namun tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap laki-laki. Customization memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kepercayaan laki-laki dibandingkan perempuan. Security memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kepercayaan perempuan dibandingkan laki-laki. Reputation yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap kepercayaan laki-laki dibandingkan perempuan. Dapat disimpulkan bahwa kepercayaan berhasil menjadi variabel mediator antara variabel mobility untuk perempuan, customization, security, dan reputation dengan variabel continuance intention. 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan