DETAIL DOCUMENT
Strategi Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata (Studi Kasus : Kawasan Obyek Wisata Pantai Sipakario)
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Azizah, Rezqi Nur
Subject
HT Communities. Classes. Races 
Datestamp
2021-08-05 02:37:15 
Abstract :
Pantai Sipakario merupakan obyek wisata unggulan pertama di Kabupaten Penajam Paser Utara dan salah satu obyek wisata yang termasuk kawasan strategis wisata bahari. Dalam pengembangan obyek wisata Pantai Sipakario terdapat beberapa permasalahan pengembangan obyek wisata seperti Pantai Sipakario yang belum mampu memberikan manfaaat ekonomi terhadap kabupaten dan tidak maksimalnya pengembangan obyek wisata apabila ditinjau dari pemenuhan komponen pariwisata. Dalam rangka pengembangan pariwisata yang ideal perlu melibatkan peran serta masyarakat melalui partisipasi dalam pengembangan pariwisata di obyek wisata dapat mengatasi permasalahan pada obyek wisata agar terjadi keberlanjutan obyek wisata dan salah satu solusi dalam pengembangan pariwisata yang ideal di obyek wisata Pantai Sipakario. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata. Adapun untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan dengan menganalisis tingkat partisipasi masyarakat dengan metode skoring dan menganalisis faktor pendorong partisipasi dengan analisis korelasi serta analisis S.W.O.T untuk merumuskan strategi peningkatan partisipasi masyarakat. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka penelitian ini telah menghasilkan strategi peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata yang terdiri dari 4 strategi utama, yaitu strategi pertama melalui peningkatan pemberian informasi dan undangan untuk mempertahankan motivasi masyarakat pelaku wisata, strategi kedua melalui pengadaan sosialisasi yang dilakukan pemerintah daerah dan instansi terkait, strategi ketiga melalui pelaksanaan rapat dan penyebaran informasi secara daring dan strategi keempat melalui pemberian apresiasi berupa insentif serta peluang untuk berkomunikasi secara efektif. 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan