DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN PASAR TANGGA ARUNG, KECAMATAN TENGGARONG, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Firdaus, Muhammad Anas
Subject
G Geography (General) 
Datestamp
2021-08-03 12:40:54 
Abstract :
Pasar Tangga Arung yang terletak di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan pusat perdagangan dan jasa skala Kabupaten BWK-I. Walaupun terdapat perencanaan pengembangan Pasar Tangga Arung yang sedang dalam proses pengkajian naskah akademis diantaranya pengembangan pasar kering, pasar basah, dan RTH, tetapi terdapat permasalahan pada toko/kios yang tidak memadai untuk pedagang pasar basah, kemudian kondisi tempat pembuangan sampah (TPS) dengan tumpukan sampah sehingga perlu dilakukan evaluasi terhadap kondisi fasilitas pasar sebagai pusat pelayanan dan ruang publik dengan menggunakan Analisis Deskriptif-Kualitatif serta metode komparatif, dan diperlukan mengukur tingkat kepuasan terhadap sistem pelayanan pasar kepada masyarakat sebagai pengunjung dengan menggunakan Analisis IPA (Importance Performance Analysis). Kemudian hasil evaluasi kondisi fasilitas pasar dan pengukuran akan disusun strategi pengembangan kawasan pasar dengan menggunakan Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat). Pada hasil evaluasi kondisi fasilitas Pasar Tangga Arung sebagai pusat pelayanan dan ruang publik yang telah sesuai dengan kriteria teori sejumlah 6 variabel diantaranya terdapat 3 subvariabel, dan tidak sesuai dengan kriteria teori sejumlah 18 variabel yang diantaranya terdapat 15 subvariabel. Berdasarkan hasil tingkat kepuasan rata-rata sebesar 83,36% telah puas dengan 35 subvariabel sistem pelayanan pasar dan hasil diagram kartesius Pertahankan Prestasi terdapat 15 sub variabel, Prioritas Utama terdapat 7 sub variabel, Prioritas Rendah terdapat 10 sub variabel, dan Berlebihan 3 sub variabel. Adapun hasil penyusunan strategi pengembangan kawasan Pasar Tangga Arung menggunakan Analisis SWOT hasil strategi terdapat 19 strategi yang terbagi atas kekuatan-peluang (S-O) terdapat 3 strategi, kelemahan-peluang (W-O) terdapat 9 strategi, kekuatan-ancaman (S-T) terdapat 2 strategi, dan kelemahan-ancaman (W-T) terdapat 5 strategi. Diharapkan pada hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan Pemerintah Daerah untuk strategi pengembangan kawasan Pasar Tangga Arung. 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan