Abstract :
Rangka adalah bagian komponen terpenting dari semua kendaraan yang
berfungsi sebagai penopang berat kendaraan, mesin serta pengemudi. Syarat utama
yang harus terpenuhi adalah material tersebut harus memiliki kekuatan untuk
menopang beban dari kendaraan. Tujuan dari penelitian kali ini yaitu mendesain
rancangan rangka mobil tipe tubular space frame yang ringan namun kuat dalam
menahan beban sehingga tidak terjadi failure, menganalisis pengaruh ketebalan
pipa terhadap distribusi stress, displacement, dan safety factor dengan
menggunakan simulasi komputer dan menganalisis distribusi stress, displacement
dan safety factor dengan menggunakan simulasi komputer. Material yang
digunakan dalam penelitian kali ini adalah aluminium 6061 dengan variabel
ketebalan 1 mm, 2 mm, 2.9 mm, 4 mm dan 5 mm. Berdasarkan hasil simulasi
didapatkan nilai stress pada ketebalan 1 mm, 2 mm, 2.9 mm, 4 mm dan 5 mm
berturut-turut ialah 211.1 MPa, 103.4 MPa, 70.5 MPa, 65.19 MPa dan 56.05 MPa.
Kemudian berdasarkan hasil simulasi displacement didapatkan nilai defleksi pada
ketebalan 1 mm, 2 mm, 2.9 mm, 4 mm dan 5 mm berturut-turut ialah 3,103 mm,
1,904 mm, 1,366 mm, 1,149 mm dan 0,8085 mm. Setelah itu didapatkan nilai safety
factor dari ketebalan 1 mm, 2 mm, 2.9 mm, 4 mm dan 5 mm berturut-turut ialah
1.3, 2.6, 3.9, 4.2, dan 4.9