Abstract :
Mobil roda tiga merupakan jenis kendaraan dengan konsep gabungan antara
mobil dengan sepeda motor, mobil ini memiliki ukuran serta kapasitas yang lebih
kecil dibandingkan dengan mobil pada umumnya namun, lebih ringan serta
memiliki bodi yang lebih modern. Dalam pembuatan mobil roda tiga diperlukan
desain rangka yang mampu menopang semua beban yang terdapat pada kendaraan
seperti beban penumpang, mesin, sistem kemudi serta peralatan kenyamanan yang
terdapat pada kendaraan. Oleh sebab itu rangka harus dapat dipastikan mampu
menahan beban yang umumnya berupa beban statis dan dapat memberikan
dukungan pada berbagai komponen kendaraan. Pada pengaplikasiannya desain
rangka harus memiliki keamanan yang tinggi pada semua sisi oleh karena itu pada
penelitian ini dilakukan optimalisasi desain rangka mobil roda tiga untuk
mengurangi adanya konsentrasi tegangan pada bagian center frame dengan
menggunakan variasi berupa bentuk profil serta ketebalan profil. Profil yang
digunakan merupakan profil hollow dengan bentuk berupa cylinder, oval, square
dan rectangular, dimana masing masing profil memiliki 3 ketebalan yang berbeda
yaitu 1 mm, 1,5 mm dan 2 mm. Penelitian ini menggunakan Autodeks Inventor
2016 sebagai software untuk simulasi. Hasil simulasi defleksi menunjukkan bahwa
profil hollow square merupakan bentuk profil terbaik dengan nilai rata rata ?
sebesar 16,93 MPa/kg. Sedangkan desain paling optimal dimiliki oleh profil hollow
square dengan ketebalan 2 mm memiliki nilai tegangan maksimal sebesar 263,8
MPa, defleksi sebesar 2,874 mm, massa kendaraan sebesar 58,280 kg serta nilai
faktor keamanan tegangan sebesar 6,029 dan faktor keamanan defleksi sebesar
1,12.