DETAIL DOCUMENT
Serious Game Batik VR Berbasis Weighted Random Choice Scenario Menggunakan Unreal Engine 5
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Author
Habibie P., M. Juan
Subject
GV1469.2 Computer games 
Datestamp
2023-08-05 13:24:54 
Abstract :
Pada penelitian ini kami mengajukan sebuah game edukasi tentang cara membatik di dunia virtual untuk siswa SMK sederajat. Batik adalah salah satu budaya Indonesia yang sangat terkenal di dunia. Batik merupakan teknik mencetak atau mengkreasi pola atau motif pada kain dengan cara menuliskan atau mengeluarkan beberapa bagian dari kain yang akan diwarnai. Batik juga merupakan salah satu warisan budaya yang telah ada sejak zaman dahulu di Indonesia. Namun kelestarian batik kini terancam punah. Para remaja Indonesia sudah jarang ada yang mau melestarikan seni membatik. Hal ini terjadi karena kurangnya minat para remaja Indonesia untuk belajar dan melakukan kegiatan membatik. Maka dari itu sebuah media pembelajaran berbasis virtual reality sangat penting unutk para siswa mendapatkan pengalaman yang lebih daripada hanya menonton vidio tentang pembuatan batik. Dengan teknologi virtual reality para siswa dapat melakukan simulasi di dunia virtual yang mirip dengan keadaan dunia nyata, seperti bisa memegang canting yang akan dikontrol oleh joystick yang akan bergerak sesuai dengan gerakan tangan. Game ini akan dibuat menggunakan game engine Unreal Engine 5. Game ini menggunakan Weighted Random Choice Sebagai pengatur skenario yang akan dimainkan oleh pengguna. Secara garis besar pemain akan diberikan pre-test, materi pembelajaran dan kesempatan untuk menerapkan materi yang didapatkan dengan mempraktikan langsung. Setelah praktik selesai maka selanjutnya akan diadakan post-test untuk membandingkan nilai yang diperoleh. Hasil percobaan menunjukkan peningkatan nilai rata-rata sebesar 23%. =============================================================================================================================== In this research we propose an educational game about how to make batik in the virtual world for students of vocational high schools. Batik is one of the most famous Indonesian cultures in the world. Batik is a technique of printing or creating patterns or motifs on fabric by writing or removing some parts of the fabric that will be dyed. Batik is also one of the cultural heritages that have existed since ancient times in Indonesia. However, the preservation of batik is now endangered. Indonesian teenagers rarely want to preserve the art of batik. This happens because of the lack of interest of Indonesian teenagers to learn and do batik activities. Therefore, a virtual reality-based learning media is very important for students to get more experience than just watching videos about making batik. With virtual reality technology, students can simulate in a virtual world that is similar to the real world, such as being able to hold a canting which will be controlled by a joystick that will move according to hand movements. This game will be created using the Unreal Engine 5 game engine. This game uses Weighted Random Choice as a scenario regulator that will be played by the user. Broadly speaking, players will be given a pre-test, learning material and the opportunity to apply the material obtained by practicing directly. After the practice is complete, a post-test will be held to compare the scores obtained. The results of the experiment showed an average score increase by 23%. 
Institution Info

Institut Teknologi Sepuluh Nopember