Abstract :
Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu Provinsi di Pulau Jawa dengan ketersediaan fasilitas, infrastruktur, serta sumber air yang memadai, namun masih banyak PDAM Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur yang kinerjanya masuk dalam kategori kurang sehat maupun sakit, sehingga dalam rangka mendukung program pencapaian akses aman air minum 100% pada akhir tahun 2019, perlu dilakukan pengelompokkan terhadap kinerja PDAM Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur berdasarkan aspek keuangan, pelayanan, operasional, dan SDM sehingga dapat diketahui kelompok dengan nilai indikator penilaian kinerja terbaik, dan kelompok dengan nilai indikator penilaian kinerja yang masih harus diperbaiki. Metode analisis yang digunakan adalah Cluster Hierarki dengan metode Ward’s dan dilanjutkan dengan ANOVA. Hasil pengelompokan berdasarkan aspek keuangan diperoleh 2 kelompok dengan variabel pembeda yaitu rasio kas dan solvabilitas, sedangkan hasil pengelompokan berdasarkan aspek pelayanan diperoleh 3 kelompok dengan variabel pembeda yaitu konsumsi air domestic, hasil pengelompokan berdasarkan aspek operasional diperoleh 7 kelompok dengan variabel pembeda jam operasi layanan, dan hasil pengelompokan berdasarkan aspek SDM diperoleh 6 kelompok dengan variabel pembeda yaitu rasio jumlah pegawai per 1000 pelanggan.
==================================================================================================================East Java is one of provinces in Java Island which has good infrastructure and well fount. Comparing to West Java and Central Java, many cities or districts in East Java has PDAM that is categorized in less quality or sick. There for to carry on attainment of a good 100% drinking water program in the end of 2019, so grouping the districts in East Java based on indicator of each PDAM accession is needed to classify which group of PDAM has the best grade and which one is necessary to be upgrade. The methode that be used in this study is Ward’s Hierarchy Cluster then continued to ANOVA.The result based on each indicator of financial aspect is dividing PDAM into 2 groups, while each indicator of servicing aspect is dividing PDAM into 3 groups. In another hand, PDAM is dividing into 7 groups based on each indicator of operational aspect, whereas each indicator of human resource aspect is dividing PDAM into 6 groups.