DETAIL DOCUMENT
Perancangan Sistem Kendali Manuver Berbasis Logika Fuzzy Untuk Anti Tabrakan Kapal Berdasarkan Nilai DCPA-TCPA
Total View This Week7
Institusion
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Author
Milatina, Nur Okta
Subject
QA9.64 Fuzzy logic 
Datestamp
2019-10-30 03:46:07 
Abstract :
Tugas akhir ini merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya mengenai perancangan sistem kendali anti tabrakan. Pada penelitian sebelumnya belum terdapat parameter DCPA (Distance Closest Point Approach) dan TCPA (Time Closest Point Approach) sebagai parameter penentu resiko. Tujuan dari tugas akhir ini adalah didapatkan sebuah rancangan sistem kendali anti tabrakan kapal berbasis logika fuzzy berdasarkan nilai DCPA dan TCPA. DCPA merupakan jarak antara titik Closest Point Approach (CPA) dengan kapal kendali, sedangkan TCPA adalah waktu yang didapat dari pembagian jarak terhadap kecepatan relatif kedua kapal. Semakin kecil nilai DCPA dan TCPA merupakan tanda bahwa resiko terjadinya tabrakan kapal semakin besar. Kedua parameter, DCPA dan TCPA menjadi masukan kendali kecepatan kapal. Nilai DCPA dan TCPA dihitung dengan memanfaatkan informasi data statis dan dinamis yang tersedia dari teknologi navigasi yakni AIS. Perancangan sistem kendali anti tabrakan yang telah disusun, disimulasikan menggunakan software Simulink R2013. Dari hasil perancangan sistem kendali anti tabrakan yang telah dilakukan dalam tugas akhir ini, didapatkan hasil bahwa dengan berkurangnya nilai DCPA dan TCPA kecepatan kapal menjadi diperlambat dari 14 km/jam menjadi 7 km/jam. ========== This final project is a delevopment from previous research about control system design. In earlier research, parameter DCPA (Distance Closest Point Approach) and TCPA (Time Closest Point Approach) has not been used as collision risk parameter. This final project are done in purpose to get an anti collision control design based on DCPA and TCPA value. DCPA is defined as distance between Closest Point Approach (CPA) and Own vessel, otherwise TCPA is disctance from CPA to target vessel divided by relative velocity. The smaller of DCPA and TCPA value means bigger collision risk probability. These two parameters DCPA and TCPA role as imput of ship velocity control. DCPA and TCPA are calculated using static and dynamic information data which is already provided by AIS navigation technology. The control design that has been made are simulated using Simulink R2013. From this control design, the result is when DCPA and TCPA has been reach the minimum value for collision risk, ship velocity are changing from 14 km/h to 7 km/h. 
Institution Info

Institut Teknologi Sepuluh Nopember