Institusion
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Author
Rizal, Fahrul
Subject
QA76.76.A65 Application software. Enterprise application integration (Computer systems)
Datestamp
2019-11-13 07:09:58
Abstract :
Kurikulum pendidikan di Indonesia mulai tahun ajaran 200412005 ini
diganti dengan kurikulum 2004, atau yang lebih dikenal dengan sebutan
kurikulum berbasis kompetensi. Secara umum kurikulum 2004 ini lebih kompleks
dari kurikulum 1994, terutama di dalam hal penilaian dan kegiatan be/ajar
mengajar. Penilaian untuk kurikulum 2004 ini ada 3 aspek yang dinilai, yaitu
pengetahuan dan pemahaman konsep (kognitif), praktik(psikomotor), dan
sikap(afektif). Sistem penilaian dari kurikulum ini bersifat hirarkis mulai dari
mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator. Dari
indikato inilah bisa dilihat pencapaian kompetensi siswa.
Metodologi yang dilakukan untuk perancangan dan pembuatan aplikasi
ini dimulai dengan studi literatur mengenai aturan-aturan KBK. Kemudian
dilanjutkan dengan proses survei ke berbagai sekolah baik tingkat SMP maupun
SMA. Untuk lebih memperkuat data, dilakukan juga survei ke dinas pendidikan,
dalam hal ini ke sub dinas pendidikan menengah dan umum. Hasil dari survei ini
selanjutnya dibuat rancangan dari aplikasi yang akan dibuat, meliputi desain
proses, dan desain database serta antarmuka. Hasil desain ini kemudian
diimplementasikan dengan menggunakan Platform .NET Framework. Penerapan
dari aplikasi ini dilakukan terhadap lebih dari 35 sekolah, masing-masing
dilakukan sesuai skenario yang telah ditetapkan. Hasil penerapan ini nantinya
akan digunakan sebagai bahan evaluasi keberhasi/an aplikasi ini.
Aplikasi ini telah diuji coba di berbagai lingkungan uji coba dan dengan
variasi data yang berbeda-beda dan hasilnya menunjukkan bahwa dengan
adanya aplikasi ini kurikulum berbasis kompetensi 2004 lebih mudah untuk
dilaksanakan. Tetapi baru 30% dari keseluruhan sekolah yang menerapkan
aplikasi ini yang benar-benar berhasil dalam pelaksanaan aplikasi ini.