Abstract :
Pembelajaran daring merupakan suatu cara pembelajaran metode
baru yang saat ini diterapkan di masa pandemi. Banyak tantangan yang harus dihadapi dalam pembelajaran daring, sehingga berdampak pada emosi siswa, khususnya siswa Sekolah Dasar kelas 6. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran emosi siswa SD kelas 6 dalam pembelajaran daring di SDN Gajahbendo Kecamaan Beji Kabupaten Pasuruan.
Desain penelitian ini berupa penelitian deskriptif. Populasi
penelitian yaitu siswa kelas 6 di SDN Gajahbendo Kecamaan Beji
Kabupaten Pasuruan sebanyak 30 anak. Teknik pengambilan sampling
dalam penelitian ini yaitu menggunakan total sampling. Variabel
penelitian ini yaitu emosi siswa pada pembelajaran menggunakan metode
daring. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat.
Penelitian dilaksanakan pada tanggal 1 ? 2 Juli 2021 melalui lembar kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian didapakan emosi siswa sebagian
besar 18 anak (60%) berada dikaegori baik dan hampir setengahnya 12
anak (40%) berada dikategori kurang. Hal ini terjadi dikarnakan anak
sudah mampu beradaptasi dengan situasi yang baru yaitu belajar dari
rumah secara online.
Dalam mengatasi emosi siswa SD kelas 6 selama pembelajaran
daring, diharapkan siswa mendapatkan perhatian dari guru SDN Gajahbendo saat melakukan pembelajaran.