Abstract :
RS Hermina Tangkubanprahu merupakan salah satu rumah
sakit di Malang yang masih mengalami permasalahan dengan
kualitas pelayanan kesehatan. Masih banyak keluhan dari
masyarakat yang menyatakan kualitas pelayanan di RS Hermina
Tangkubanprahu masih belum memenuhi harapan.
Penelitian ini merupakan penelitian Cross sectional untuk
menganalis pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap
kepuasan pasien rawat jalan PRB RS Hermina Tangkubanprahu
Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat Jalan PRB
di RS Hermina Tangkubanprahu Malang pada bulan Desember 2021
sampai Januari 2022. Sampel berjumlah 46 orang diambil secara
sistematic random. Data dianalisis menggunakan Pearson
correlation untuk mengetahui apakah ada pengaruh diantara kualitas
layanan dan kepuasan pasien.
Hasil analisis Pearson Correlation menunjukkan bahwa
semua variabel kualitas pelayanan kesehatan (Kehandalan, Daya
Tanggap, Jaminan, Keramahan dan Bukti fisik) berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pasien. Variabel yang paling dominan
berpengaruh terhadap kepuasan pasien adalah variabel Jaminan.
maka disarankan kepada seluruh petugas kefarmasian di Poli BPJS
RS. Hermina Tangkubanprahu untuk lebih memperhatikan
ketersedian obat serta ketepatan dosis obat dan pasien, sehingga
pasien dapat merasa terjamin dengan obat yang diberikan.
ABSTRACT
Hermina Tangkubanprahu Hospital is one of the hospitals in
Malang which is still experiencing problems with the quality of health
services. There are still many complaints from the public stating that
the quality of service at the Hermina Tangkubanprahu Hospital still
does not meet expectations.
This study is a cross-sectional study to analyze the effect of
health service quality on outpatient satisfaction at Hermina
Tangkubanprahu Hospital, Malang. The population in this study were
outpatients at Hermina Tangkubanprahu Hospital in Malang from
December 2021 to January 2022. A sample of 46 people was taken
systematically at random. Data analysis used Pearson correlation to
find out whether there is a relationship between service quality and
patient satisfaction.
xviii
The results of the Pearson Correlation analysis show that all
health service quality variables (Reliability, Responsiveness,
Assurance, Hospitality, and Physical Evidence) have a significant
effect on patient satisfaction. The most dominant variable affecting
patient satisfaction is the Guarantee variable. it is recommended to
the pharmacy officer at the BPJS Hospital. Hermina Tangkubanprahu
to pay more attention to the availability of drugs and the accuracy of
drug doses and patients, so that patients can feel safe with the drugs
given.