Institusion
Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Author
SAKTI, ARIEF CAHYATAMA
Subject
N Visual arts (General) For photography, see TR
Datestamp
2024-10-11 08:55:05
Abstract :
Desa Wisata Melung adalah salah satu desa wisata yang sedang dikembangkan oleh
pemerintah daerah Kabupaten Banyumas. Berbeda dengan Desa Wisata lainya yang hanya
memiliki 1 objek wisata. Desa Wisata Melung memiliki 5 objek wisata dalam 1 destinasi wisata
yang dapat di manfaatkan menjadi potensi dan keunikan dari Desa Wisata Melung. Selain dari
kurangnya memanfaatkan potensi dan keunikan, media promosi yang di pakai oleh Desa Wisata
Melung masih terbilang tertinggal oleh para kompetitornya dan image yang digunakan oleh desa
wisata Melung masih menggunakan image yang tidak sesuai dengan potensi dan anugrah yang
diberikan oleh Bupati Banyumas. Sehingga mengakibatkan kekecewaan terhadap wisatawan dan
membuat kesan buruk terhadapat Desa Wisata Melung. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara,
kuesioner, dokumentasi dan studi literatur. kemudian dianalisis dengan menggunakan analisi
SWOT. Perancangan ini menghasilkan strategi rebranding dengan konsep ?Panca Wisata
Melung?. media utama yang akan dipakai dalam perancangan ini berupa Instagram, sedangkan
media pendukung berupa brosur, baliho, tiket, merchandise, dan baju pegawai. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk merancang kembali image Desa Wisata Melung agar sesuai dengan
potensi dan anugrah yang diberikan dan meimplementasikan kepada media promosi yang tepat dan
dapat dijangkau oleh audiens.