DETAIL DOCUMENT
Strategi Komunikasi Pemasaran Komposer Yovie Widianto Terhadap Lagu-Lagunya Di Industri Musik Indonesia
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR
Author
Widianto, Muhammad Arsy
Subject
HT Communities. Classes. Races 
Datestamp
2024-01-03 10:29:04 
Abstract :
Yovie Widianto berhasil menjadi salah satu dari deretan musisi profesional yang telah merintis karier selama hampir empat dekade. Memiliki karya musik yang membekas di hati para generasi 90-an dan 2000-an, lagu- lagu yang diciptakan oleh Yovie Widianto terus melintas dari generasi ke generasi. Untuk mencapai keberhasilan dalam industri musik, diperlukannya dukungan dan strategi dalam memasarkan karya yang telah diproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan, serta hambatan dan solusi yang dilakukan oleh komposer Yovie Widianto melalui analisis SOSTAC. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara sebagai teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposer Yovie Widianto mampu memaksimalkan strategi komunikasi pemasarannya. Ia menunjukkan bahwa autentisitas dan konsistensi dapat membentuk top of mind di masyarakat, kemudian solusi terhadap hambatan dalam mengisi kesenjangan pendekatan antar generasi dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan media dan pemilihan platform, berkolaborasi dengan musisi-musisi muda, dan terus berkarya dengan konsisten. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Yovie Widianto, Musik, Industri Musik Indonesia 

Institution Info

INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR