DETAIL DOCUMENT
Diplomasi Pendidikan Melalui Media Medcom.Id Dalam Upaya Kampanye Internasionalisasi Pendidikan Tinggi Indonesia
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR
Author
Danomira, Bernadus Melkianus
Subject
HT Communities. Classes. Races 
Datestamp
2023-12-29 08:07:31 
Abstract :
Pendidikan tinggi di Indonesia memiliki potensi yang dapat ditawarkan kepada mahasiswa asing di seluruh dunia, beberapa perguruan tinggi di Indonesia telah menempati QS WUR seperti Universitas Indonesia (305) dengan jumlah peserta mahasiswa asing (349) dan Universitas Gadjah Madah (254) dengan jumlah peserta mahasiswa asing (494). Hal ini merupakan bagian dari sistem Pendidikan tinggi yang memiliki Indikator Kinerja Utama. Medcom.id merupakan media yang tepat dalam memberikan informasi mengenai Pendidikan tinggi di Indonesia karena memiliki kanal internasional dan tentunya dapat menjadi sarana yang tepat untuk menunjukkan diplomasi publik yang dirasakan oleh mahasiswa asing selama berkuliah di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa Diplomasi Pendidikan yang dilakukan Medcom.id ke Dunia. Dari Analisa Diplomasi Pendidikan yang dilakukan Medcom.id ke dunia ini diharapkan mampu menjawab tantangan yang ada di dalam upaya promosi Pendidikan tinggi Indonesia ke luar negeri. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Diplomasi Pendidikan dan Soft Powermelalui media sebagai Aktor Non negara untuk menyampaikan informasi dari tujuh pilar diplomasi publik. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer melalui wawancara dan data sekunder melalui studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa diplomasi Pendidikan melalui Medcom.id dalam hal Kampanye Internasionalisasi Pendidikan tinggi Indonesia ke Luar Negeri maka upaya diplomasi yang dilakukan oleh media-media di Indonesia belum maksimal serta pilar diplomasi publik yang diteliti dalam untuk inform, engage, influence belum terlihat maksimal. Kata kunci: Diplomasi, Pendidikan, Media, Pendidikan TinggiIndonesia, Medcom.id 

Institution Info

INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR