DETAIL DOCUMENT
Representasi Gaya Hidup Modern Dalam Iklan Gopay Indonesia Du It Your Way With Gopay
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR
Author
Putri, Amanda Pramarta
Subject
HT Communities. Classes. Races 
Datestamp
2023-12-29 08:05:44 
Abstract :
Iklan merupakan suatu pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui suatu media. Melalui sebuah iklan, masyarakat dapat melihat dan mengamati bagimana representasi gaya hidup di masa kini. Iklan Gopay Du It Your Way with Gopay merupakan iklan yang dibuat oleh tim kreatif Gopay dan di unggah pada tanggal 17 Januari 2020 melalui platform YouTube Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana simbol gaya hidup modern dalam iklan Gopay Du It Your Way with Gopay berdasarkan model triadik Peirce. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivisme. Model triadik Peirce terdiri dari tiga tahap analisis yaitu tanda (sign), objek (object), dan interpretant. Dilihat dari setiap adegan, tanda dilihat berdasarkan gambar yang ditampilkan dari setiap adegan yang telah dipilih. Objek merupakan penampilan, gesture, ekspresi wajah, perilaku, pakaian, serta dialog yang di sampaikan dari setiap adegan yang telah dipilih. Interpretan merupakan analisis dari gambar- gambar yang dipilih. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa gaya hidup modern dalam iklan Gopay Du It Your Way with Gopay ditampilkan oleh pihak pengiklan yaitu Gopay Indonesia dengan menerapkan gaya hidup yang hedonis, konsumtif, dan juga menampilkan simbol gaya hidup bebas di era modern untuk menampilkan gaya hidup di masa kini. Kata Kunci: Iklan, Gaya Hidup, Semiotika, Charles Sanders Peirce 

Institution Info

INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR