Institusion
INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR
Author
Gandur, Georgius Roysandi Yogatama
Subject
HT Communities. Classes. Races
Datestamp
2023-12-29 08:01:28
Abstract :
Persaingan yang ketat terjadi pada bisnis e-marketplace khususnya selama masa pandemic covid-19 dimana berbelanja online merupakan opsi yang aman. Tokopedia melakukan beberapa upaya untuk memenangi persaingan dengan emarketplace yang lain melalui sales promotion, Korean Celebrity Endorsement dan kampanye #JagaEkonomiIndonesia untuk mempertahankan citra merek yang aman dan terpercaya dan meningkatkan minat beli pada e- marketplace mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sales promotion, Korean Celebrity Endorsement dan kampanye #JagaEkonomiIndonesia terhadap citra merek dan dampaknya pada minat beli pada Tokopedia. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dari 100 responden (jumlah sample) pengikut akun Instagram Tokopedia melalui survey. Data kemudian dianalis dengan model dengan program Smart PLS (Partial Least Square) dengan model persamaan Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis komponen atau varian. Hasil menunjukan bahwa sales promotion, korean celebrity endorsement, dan kampanye #JagaekonomiIndonesia berpengaruh terhadap citra merek. Hasil selanjutnya menujukan variable sales promotion dan citra merek berpengaruh langsung terhadap minat beli, sementara Korean celebity endorsement, dan kampanye #JagaekonomIndonesia berpengaruh tidak langsung terhadap minat beli melalui citra merek. Berdasarkan hasil yang telah disimpulkan, untuk dapat menaikan citra merek dan minat beli, Tokopedia diharapkan dapat mengembangakan promosi penjualan yang menarik, Kampanye Pemasaran yang relevan dengan situasi terkini dan juga menggunakan jasa dukungan atau endorsement tokoh atau selebiti yang kredibel dan dipercaya oleh masyarakat.