DETAIL DOCUMENT
Strategi Komunikasi Garuda Indonesia Dalam Mengkampayekan Because You Matter Untuk Membangun Kembali Kepercayaan Pelanggan Di Masa Covid-19
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR
Author
Kevin, .Kevin
Subject
HT Communities. Classes. Races 
Datestamp
2023-12-29 08:00:38 
Abstract :
Kebijakan physical distancing yang diberlakukan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, membatasi ruang gerak masyarakat untuk berpergian sepanjang covid-19 masih mengancam. Maskapai kemudian harus membuat strategi untuk bertahan, salah satunya melalui program kampanye. Garuda Indonesia meluncurkan kampanye Because You Matter pada Maret 2020 sebagai respon kondisi dalam menghadapi situasi tak pasti. Melalui teori informasi organisasi, peneliti ingin mengulik dan memahami bagaimana Garuda Indonesia mengolah informasi atas situasi tidak pasti untuk kemudian membuat strategi komunikasi sebagai langkah preventif. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif dengan metode kualitatif studi deskriptif dengan menggunakan pengumpulan data berupa wawancara mendalam sebagai data primer, sementara data sekunder diperoleh dari penelusuran data daring yang terkait dengan topik penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles & Huberman, yang kemudian diperiksa kepercayaannya metode Triangulasi data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Garuda Indonesia telah membuat strategi komunikasi yang cukup baik di tengah situasi yang tidak menentu dan tetap mampu mengoptimalkan kampanyenya walaupun dengan anggaran yang terbatas. Hal tersebut dapat terwujud karena kolaborasi dengan berbagai pihak serta penyelenggaraan berbagai kegiatan yang menghasilkan publikasi. Kata Kunci: Garuda Indonesia; Komunikasi Pemasaran; Strategi Komunikasi; Kampanye; Covid-19 

Institution Info

INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR