DETAIL DOCUMENT
Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Pertunjukan 'The Great Rahwana' Oleh Teater Keliling
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR
Author
Septiani, Karina Indah
Subject
HT Communities. Classes. Races 
Datestamp
2024-01-11 07:58:09 
Abstract :
Sebagai industri kreatif yang berada dibawah pengelolaan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), teater dapat menjadi komoditas yang berpotensi menjadi lapangan pekerjaan untuk kesejahteraan pelakunya. Namun, teater di Indonesia belum tumbuh berkembang menjadi seperti yang diharapkan karena beberapa faktor, yaitu keterbatasan fasilitas, tingginya harga sewa gedung pertunjukan dan pajak yang perlu dibayarkan, rendahnya minat masyarakat Indonesia terhadap teater, serta tidak dianggapnya teater sebagai tren di mata anak muda. Di tengah kondisi tersebut masih ada komunitas teater bernama Teater Keliling yang terus menunjukan konsistensinya untuk berkarya. Keberadaannya saat ini tidak lain untuk membuka mata anak-anak muda di Indonesia terhadap kehadiran teater sebagai warisan budaya lokal nusantara. Pada bulan September 2019, komunitas ini menggelar pertunjukan kolosal dengan genre drama musikal berujudul ?The Great Rahwana? yang melibatkan kurang lebih sebanyak 600 pemain. Pertunjukan yang diselenggarakan dengan megah ini sayangnya tidak terjual habis setelah dipentaskan selama dua hari berturut-turut. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, paradigma konstruktivisme, teori dan konsep marketing mix (7ps), integrated marketing communication, atitude change theory oleh Karl Hovland dan consumer processing model (CPM) peneliti menyimpulkan bahwa pertunjukan ?The Great Rahwana? belum memiliki strategi komunikasi pemasaran yang ideal. Hal ini disebabkan salah satunya oleh kurangnya pemahaman dan wawasan terhadap komunikasi pemasaran. Kata kunci : Teori perubahakan sikap, CPM, bauran pemasaran (7ps), IMC, strategi komunikasi pemasaran, seni pertunjukan teater, teater keliling 

Institution Info

INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR