DETAIL DOCUMENT
Reprsentasi Multikulturalisme Dalam Film Iklan 'I Am Canadian: What Makes Someone Canadian' Molson Canadian
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR
Author
Sasmita, Ayum Andar
Subject
HT Communities. Classes. Races 
Datestamp
2023-12-29 08:47:06 
Abstract :
?I Am Canadian: What makes someone Canadian? atau dikenal sebagai ?Global Beer Fridge? adalah sebuah film iklan ikonik minuman bir Molson Canadian yang mengangkat multikulturalisme Kanada sebagai representasi produknya. Penelitian ini menganalisis secara kualitatif konten film iklan tersebut menggunakan trikotomi semiotika Charles Sanders Peirce yang membedakan tanda/ representamen, obyek, dan interpretan. Tanda ? tanda yang peneliti temukan, dianalisis melalui lima aspek sirkuit budaya atau circuit of culture yang dikemukakan dalam teori representasi Stuart Hall, yakni terdiri dari proses representasi, identitas, produksi, konsumsi, dan regulasi untuk mengetahui proses pemaknaan yang terdapat dalam film iklan. Berdasarkan analisis tersebut, peneliti memahami adanya representasi multikulturalisme dalam film iklan Global Beer Fridge yang ditunjukkan dengan keberagaman Bahasa sebagai bagian dari proses pembentukan kebudayaan yang ditunjukkan dalam film iklan tersebut. Kata kunci: Film iklan, Teori Representasi, Multikulturalisme, Corporate citizenship, Semiotika 

Institution Info

INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR