DETAIL DOCUMENT
Strategi Komunikasi PT Semen Indonesia (PERSERO) Tbk Dalam Manajemen Isu “Pembangunan Pabrik Semen Di Rembang”
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR
Author
Wahono, Sigit
Subject
HT Communities. Classes. Races 
Datestamp
2023-12-29 07:42:50 
Abstract :
Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT Semen Indonesia (Persero) dalam manajemen isu pembangunan pabrik semen di Rembang. Sesuai dengan model komunikasi Lasswell, strategi komunikasi dalam manajemen isu akan difokuskan pada 5W-"Who (says) What (to) Whom (in) Which Channel (with) What Effect". Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Peneliti memilih metode tersebut untuk mendeskripsikan secara detail bagaimana strategi komunikasi PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk dalam manajemen isu dengan studi kasus pembangunan pabrik semen di Rembang. Berdasarkan hasil penelitian, Semen Indonesia telah melakukan upaya pengelolaan isu secara aktif dengan melakukan media monitoring setiap hari. Selanjutnya, Semen Indonesia telah menyusun strategi komunikasi dalam pengelolaan isu pembangunan pabrik semen di Rembang yang dibagi dalam beberapa elemen, meliputi pesan yang disampaikan, pemetaan sasaran komunikasi, media komunikasi yang digunakan, dan melakukan evaluasi terhadap dampak yang diperoleh dari strategi komunikasi yang telah dilakukan. Strategi komunikasi telah diimplementasikan sesuai dengan jadwal yang direncanakan.Dalam melakukan pengelolaan isu, Semen Indonesia melakukan penyampaian informasi yang sesuai antara data dan fakta yang ada. Untuk menjangkau seluruh pemangku kepentingan yang lebih luas, Semen Indonesia menggunakan berbagai media komunikasi yang ada. Perusahaan juga melakukan evaluasi secara periodik untuk mengetahui efektifitas strategi komunikasi yang dilakukan. Selain berdasarkan monitoring isu di media massa dan media sosial, penyesuaian strategi dilakukan dengan menganalisa perkembangan aksi dan agenda setting yang dilakukan oleh pihak kontra. 

Institution Info

INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR