DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Komodifikasi Konten Dan Personal Branding Micro-Influencer Melalui “By Me” Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia Feed
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR
Author
Sefanya, Ruth Uli
Subject
HT Communities. Classes. Races 
Datestamp
2023-12-29 07:33:43 
Abstract :
Konten pada saat ini telah menjadi suatu komoditas yang dapat dihargai sesuai dengan nilai yang berlaku di pasar. Tanpa kita sadari, komoditas konten ini telah menjadi konten yang kita konsumsi sehari-hari. Komodifikasi konten disertai dengan pemanfaatan personal branding micro-influencer yang diadaptasi dan diaplikasikan ke dalam platform e-commerce, menjadi suatu kebaruan yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komodifikasi konten dan personal branding micro-influencer melalui konten ?By Me? terhadap keputusan pembelian di fitur Feed Tokopedia. Metode penelitian menggunakan metode survei kuesioner yang disebar kepada 100 pengguna Tokopedia di daerah DKI Jakarta dengan usia 18-30 tahun, pernah menggunakan fitur Feed, dan pernah mengakses konten ?By Me?. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang menunjukkan keabsahan data, selain itu data dianalisis dengan uji korelasi yang menunjukkan adanya korelasi antar variabel. Uji koefisien determinasi menunjukkan variabel X berkontribusi terhadap variabel Y sebesar 74% dan sisanya 26% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Uji hipotesis didapatkan adanya pengaruh yang signifikan dari personal branding micro-influencer melalui ?By Me? terhadap keputusan pembelian di Tokopedia Feed, di lain sisi, tidak terdapat pengaruh signifikan dari komodifikasi konten melalui ?By Me? terhadap keputusan pembelian di Tokopedia Feed, namun Komodifikasi konten dan personal branding micro-influencer melalui ?By Me? secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Tokopedia Feed Kata kunci: Komodifikasi Konten, Citra Diri, Micro-Influencer, Keputusan Pembelian, E-commerce 

Institution Info

INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR