Institusion
INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR
Author
Savitri, Divania Citra
Jalaludin, .Jalaludin
Sarah, .Sarah
Subject
HT Communities. Classes. Races
Datestamp
2023-12-20 07:36:35
Abstract :
Indonesia merupakan negara yang dikenal dengan keberagaman budayanya, termasuk di dalamnya kuliner. Saat ini, upaya dalam mengenalkan dan menduniakan makanan Indonesia sangat beragam, seperti dapat dilakukan melalui festival makanan dan acara kebudayaan. Garuda Indonesia merupakan salah satu aktor negara yang berupaya untuk menduniakan kuliner Indonesia melalui salah satu konsepnya yaitu taste. Konsep taste ini diimplementasikan dalam bentuk makanan bertemakan Indonesia yang disediakan di dalam pesawat untuk rute domestik maupun internasional yang biasa disebut dengan airline meals. Upaya Garuda Indonesia dalam menduniakan kuliner Indonesia dapat dijadikan sebagai inovasi Indonesia dalam melakukan gastrodiplomacy. Perencanaan karya ini menggunakan pendekatan kualitatif serta dianalisis dengan menggunakan konsep gastrodiplomacy, nationbranding, brand awareness, dan unique selling proposition. Perencanaan karya ini menunjukkan adanya acara seminar ?Satay Nusantara? yang dijadikan sebagai langkah awal dalam menduniakan kuliner Indonesia, khususnya Sate untuk mendukung nation branding Indonesia. Hasil dari perencanaan karya ini ingin memperlihatkan bahwa untuk mencapai tingkat nation brandingdan menjadikan kuliner bangsa sebagai suatu ikon dapat dilakukan melalui penerbangan seperti yang dilakukan Garuda Indonesia. Tentunya disertai dengan kegiatan yang berkelanjutan.
Kata kunci: Brand Awareness, Event Management Process, Gastrodiplomacy, Nation Branding,Unique Selling Proposition, Garuda Indonesia