DETAIL DOCUMENT
Motivasi Pengguna Aplikasi Kencan Daring Di Kalangan Generasi Milenial (Studi Kasus Pada Pengguna Tinder Pria Di Jakarta)
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR
Author
Sari, Kumala
Subject
HT Communities. Classes. Races 
Datestamp
2023-12-29 08:52:21 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk memahami motivasi pada pengguna aplikasi kencan daring Tindermelalui Teori Uses and Gratifications. Tinder adalah aplikasi kencan daring yang paling terkenal sekarang ini, memiliki 50 juta pengguna secara global. Dalam penggunaan Tinder setiap individu memiliki motivasi yang berbeda. Teori Uses and Gratifications menyoroti bahwa setiap orang menggunakan jenis media massa tertentu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu. Teori Uses and Gratifications bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang menciptakan kebutuhan di antara individu dan menjelaskan bagaimana kebutuhan tersebut mempengaruhi perilaku individu. Paradigma penelitian adalah paradigma konstruktivisme, dengan metodologi penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data primer diperoleh dari wawancara mendalam dengan informan kunci internal dan eksternal serta bentuk sumber data sekunder. Analisisdata yang digunakan dalam penelitian ini bertujuanuntuk memahami motivasidalampenggunaanaplikasi kencan Tinder. Terdapat penemuan pada penelitian ini tentang motivasi mencari pertemanan baru yang menjadi dasar dalam penggunaan Tinder, hiburan,komunikasi sosial,hubungan percintaan,dan pengembangan diri. Aplikasi Tinder juga belum sesuai dengan fungsi dasar aplikasi untuk hubungan percintaan berkomitmen. Adapun juga perubahan cara kencan yang signifikan selama pandemi Covid-19dan rekomendasi menurut narasumber untukfitur yang baik untuk kriteria aplikasi kencan daring yang ideal. Kata Kunci:Aplikasi Kencan Daring,Covid-19,Kencan saatPandemi, Tinder, Uses and Gratifications 

Institution Info

INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR