Institusion
INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR
Author
Fachrudin, Zalfa Zaachira
Subject
HT Communities. Classes. Races
Datestamp
2023-12-29 08:20:55
Abstract :
Globalisasi memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap prusahaan yang dimana menyebabkan konsumen menuntut perusahaan untuk melahirkan produk dengan kualitas terbaik dengan harga rendah. Dampak lain dari globalisasi juga menyebabkan adanya perubahan PPNBM yang dimana harga pajak melonjak, oleh karena itu sektor otomotif dalam kategori luxury perlu menindaklanjuti hal tersebut. Mercedes-Benz merupakan salah satu brand otomotif luxury yang melahirkan unit mobil CKD atas adanya perubahan PPNBM. Penelitian ini menganalisis bentuk implementasi experiential luxury marketing melalui strategi perusahaan sebagai upaya mempertahankan brand image. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pemasaran yang dilakukan, menemukan faktor utama PT. MBDI menggunakan pengalaman sebagai medium untuk mendekatkan diri kepada konsumen, serta mengetahui pergeseran fokus dari transaksional ke fokus hubungan. Metodologi penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif deskriptif. Data di dapat melalui hasil pengumpulan data dan wawancara. Temuan penelitian menghasilkan bahwa PT. MBDI memiliki Visi dan Misi perusahaan terbaru yang menyebabkan kompetitor utamanya pun berubah. Kegiatan yang dilakukan oleh PT. MBDI memenuhi implementasi experiential luxury marketing yakni experience, exchange, extention, emphasis, empathy capital, emotional touchpoints, dan emic processuntuk menciptakan pengalaman pelanggan melalui kegiatan yang dilakukan. Penelitian ini juga menemukan bahwa kegiatan yang dilakukanoleh PT. MBDI tergolong dalam tipe Empathic Luxury Marketing.
Kata Kunci: Marketing Communication, Brand Image, Kegiatan Perusahaan, Experiential Luxury Marketing, PT.Mercedes-Benz Distribution Indonesia