DETAIL DOCUMENT
Transmedia Storytelling Pada Digital Branding Traveloka: Analisis Konten Kualitatif Pada #Lifestylesuperapp
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR
Author
Sherena, Aerika Ayu Sahara Putri
Subject
HT Communities. Classes. Races 
Datestamp
2023-12-29 08:23:27 
Abstract :
Pada age of convergence konsumen cenderung tidak puas dengan pesan yang diterima dan berusaha mengambil tempat dalam proses komunikasi brand. Penggunaan transmedia storytelling memungkinkan brand untuk berinteraksi dengan konsumen, kemudian mengintegrasikan konsumen ke dalam digital branding brand secara sukarela melalui media sosial yang memungkinkan cerita transmedia muncul dan menyebar lebih cepat. Salah satu brand yang mengadopsi transmedia storytelling untuk digital branding adalah Traveloka. Pada bulan Juni 2021 Traveloka mulai melakukan digital branding lifestyle superapp dengan membuat hashtag #LifestyleSuperApp di media sosial mereka dimulai dari Instagram lalu TikTok, Youtube dan Twitter. Dengan menggunakan konsep seven principles of transmedia storytelling dari Jenkins (2009), penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan transmedia storytelling pada digital branding Traveloka #LifestyleSuperApp. Analisis konten kualitatif (QCA) digunakan untuk mengumpulkan serta menganalisis data berupa unggahan foto, video, teks pada media sosial Instagram, Youtube, TikTok dan Twitter untuk mengidentifikasi keseluruhan dunia cerita #LifestyleSuperApp dan kontribusinya pada konsumen. Hasil penelitian didapat bahwa penggunaan transmedia storytelling pada digital branding #LifestyleSuperApp mencerminkan seven principles of transmedia storytelling. 

Institution Info

INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR