DETAIL DOCUMENT
Peranan Biaya Pemasaran Terhadap Peningkatan Laba Perusahaan Jasa (Studi Kasus pada Cipaganti Otojasa)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Maranatha
Author
Hadi, Maria Aryani (0751142)
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2015-02-02 02:30:44 
Abstract :
Persaingan bisnis menuntut setiap perusahaan untuk dapat melakukan kegiatan usaha secara efektif dan efisien. Perusahaan harus selalu memperhatikan perkembangan yang terjadi di dalam pasar dan menganalisis kesempatan. Pemasaran merupakan jalan agar perusahaan dapat mengikuti persaingan yang ada. Akibatnya, perusahaan harus memiliki suatu cara yang tepat dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pengendalian biaya secara keseluruhan, yaitu memperoleh laba, dimana terdapat hubungan antara penjualan, biaya pemasaran, dan laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan biaya pemasaran terhadap peningkatan laba perusahaan jasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Data keuangan yang ada terdiri dari bulan Oktober sampai Desember 2010. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Cipaganti Travel belum menggolongkan biaya pemasaran ke dalam fungsi-fungsi pemasaran sehingga tidak dapat diketahui berapa besar biaya pemasaran yang akan dikeluarkan disetiap fungsi. Semakin tinggi biaya pemasaran tidak menjamin laba operasi sebelum biaya administrasi semakin tinggi, ada faktor lain yang mendukung yaitu situasi.  
Institution Info

Universitas Kristen Maranatha