Institusion
Universitas Kristen Maranatha
Author
Wijaya, Richarly (0764192)
Subject
NX Arts in general
Datestamp
2015-02-02 08:25:39
Abstract :
Taman Nasional Kelimutu merupakan taman nasional terkecil dari enam taman nasional di Bali dan Nusa Tenggara. Taman Nasional Kelimutu memiliki tiga kawah danau vulkanik
yang terletak di puncak Gunung Kelimutu, ketiga danau tersebut memiliki nama masing-masing, namun nama yang populer dikalangan wisatawan dikenal sebagai Danau kelimutu.
Setiap danau memiliki warna dan arti masing-masing. Ketiga danau itu diyakini merupakan tempat bersemayamnya roh-roh dan juga diyakini memiliki kekuatan alam yang sangat
dahsyat. Akan tetapi keindahan Danau Kelimutu yang memiliki potensi wisata yang amat besar masih kurang dikenal oleh wisatawan, khususnya wisatwan domestik. Hal ini disebabkan minimnya sarana promosi akan keberadaan Danau Kelimutu. Perancangan promosi ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Kelimutu, membuka wawasan wisatawan domestik mengenai pariwisata Indonesia berupa Danau Kelimutu, dan membangkitkan rasa bangga karena keunikan Danau Kelimutu tidak bias dijumpai di Negara lain.
Dalam hal ini dibutuhkan peranan Desain komunikasi Visual untuk melakukan perancangan promosi mengenai Danau kelimutu, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Kelimutu, khususnya wisatawan domestik.