DETAIL DOCUMENT
Promosi Ristya Stefanie sebagai Desainer Gaun Pengantin Modern Batik Pertama di Indonesia
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Maranatha
Author
Setiawan, Nessya Marcellina (0864212)
Subject
NX Arts in general 
Datestamp
2015-02-03 02:01:33 
Abstract :
Dewasa ini dalam acara pernikahan di Indonesia, mayoritas wanita mengenakan gaun pengantin moderen yang berwarna putih seperti di Barat. Perbandingannya sangat sedikit dengan mereka yang mengenakan gaun pengantin moderen batik dalam acara pernikahannya. Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), baik halnya jika kita melestarikan ?Batik? dengan menggunakan kain batik dalam acara pernikahan sebagai busana pengantin, sehingga citra batik dapat terapresiasi dengan baik. Terdapat seorang desainer yang baru berkecimpung dalam pembuatan gaun pengantin moderen batik. Desainer tersebut bernama Ristya Stefanie yang bertempat tinggal di Surabaya. Sebelumnya Belia hanya seorang make up artist dan desainer gaun pengantin moderen yang seperti pada umumnya, akan tetapi Beliau memiliki pemikiran untuk menggabungkan gaya gaun pengantin moderen dengan menggunakan kain batik sebagai bahan dasarnya. Akan tetapi banyak sekali orang-orang yang belum mengetahui tentang Ristya Stefanie dan karya gaun pengantin moderen batiknya. Pernyataan tersebut didapat oleh penulis dari hasil mengedarkan angket kepada responden yang terdiri dari wanita-wanita di Surabaya. Dalam pengedaran angket tersebut, penulis tidak lupa menunjukkan foto dalah satu gaun pengantin moderen batik karya Ristya Stefanie, dan reaksi yang didapatkan dari para responden adalah mereka sangat antusias dengan karya Ristya Stefanie ini. Dari rasa antusias dari para responden ini, maka penulis membuat suatu perancangan promosi yang berjudul ?Promosi Ristya Stefanie Sebagai Desainer Gaun Pengantin Moderen Batik Pertama Indonesia?. Perancangan ini melibatkan desain komunikasi visual sebagai sarana untuk menyampaikan kepada para audience. Media-media visual yang dibuat sangat banyak dan semuanya melibatkan teknik fotografi dan vektor dalam pembuatannya. Media promosi Ristya Stef anie ini memiliki konsep layout yang menyampaikan kemewahan, keindahan, dan keanggun dari gaun pengantin moderen batik, maka dari itu desain minimalis dan menggunakan banyak sekali nuansa emas menjadi sangat cocok dengan konsep tersebut, tidak lupa dalam setiap desain dari media-media promosi ini terdapat unsur batik yang menyiratkan budaya Indonesia. Penulis berharap dengan adanya perancangan promosi Ristya Stefanie, wanita Surabaya lebih mengenal Beliau dan gaun pengantin moderen batik, sehingga dapat mereka gunakan dalam acara pernikahannya suatu hari nanti. Dengan ini maka kita dapat melestarikan batik yang merupakan budaya Indonesia. 
Institution Info

Universitas Kristen Maranatha