DETAIL DOCUMENT
Perancangan Branding Produk Furnitur Lokal Rakattan Living
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Maranatha
Author
Widagdo, Ardhyto (0964081)
Subject
NX Arts in general 
Datestamp
2015-02-03 03:18:55 
Abstract :
Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya, hal ini dapat dilihat dari keanekaragaman sumber daya alam hayati yang dimiliki Indonesia dengan kekayan sumber daya alam inilah yang akan menjadi tulang punggung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan. Di zaman modern ini masyarakat Indonesia umumnya lebih bangga menggunakan produk furnitur luar dibandingkan dengan produk furnitur local. Masyarakat Indonesia beranggapan bahwa kualitas produk furnitur lokal kalah bersaing dengan produk furniture luar. Sedangkan produk furnitur lokal saat ini tidak kalah baik kualitasnya dibandingkan dengan produk furnitur luar. Masyarakat tidak mengetahui bahwa produk furnitur lokal ada juga yang memiliki kualitas yang sangat baik. Dalam menghadapi Pasar Bebas yang akan diberlakukan pada akhir 2015, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus merapatkan barisan sejak dini. Mereka perlu mempersiapkan diri menghadapi gempuran produk-produk asing saat MEA benar-benar diterapkan pemerintah. Jangan sampai produk UMKM akan kalah bersaing dengan produk dari negara lainnya. Maka dari itu tujuan perancangan ini adalah untuk meningkatkan rasa cinta dan bangga masyarakat Indonesia dengan menggunakan produk furnitur lokal yang sekaligus juga dapat meningkatkan rasa nasionalisme. Selain itu juga tentu hal ini dapat membantu meningkatkan devisa Negara Indonesia serta ekonomi Indonesia lebih berkembang. Hal yang dilakukan adalah Dengan membuat perancangan visual branding terhadap produk furnitur lokal Rakattan Living yang sesuai dengan sifat dan karakteristik produk tersebut yang memiliki kulitas sangat baik. Metode yang saya lakukan diantaranya dengan melakukan teknik pengumpulan data, berupa menyebarkan kuesioner terhadap 155 responden, serta melakukan wawancara dengan pihak-pihak terkait. Adapun teori yang saya gunakan adalah teori branding, teori fotografi Still Life, sebagai salah satu media utama dalam pengaplikasian media promosi seperti, website, brochure, catalog, dll. Selain itu melalui perancangan visual branding ini diharapkan agar brand awareness Rakattan living dapat meningkat. 
Institution Info

Universitas Kristen Maranatha