DETAIL DOCUMENT
Perancangan Kampanye Pelestarian Jajanan Tradisional Sunda
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Maranatha
Author
Wijaya, Triyana Puspa (0964096)
Subject
NX Arts in general 
Datestamp
2015-02-03 03:38:26 
Abstract :
Pada saat ini identitas budaya Indonesia yang sangat beragam sudah mulai terpudarkan oleh globalisasi. Rasa cinta tanah air perlu diperkuat dengan memperkenalkan budaya asli Indonesia, salah satunya jajanan tradisional daerah Sunda. Namun sayangnya keberadaan kekayaan kuliner daerah ini sudah sering dilupakan dan terpinggirkan karena masuknya budaya makanan luar Indonesia. Remaja, sebagai penerus bangsa, perlu diperkenalkan kembali sehingga mampu menjadi pelopor pelestarian warisan kuliner budaya yang semakin sulit ditemukan ini. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan memperkenalkan kembali jajanan tradisional Sunda kepada para remaja agar mereka kelak dapat menyampaikan warisan bangsa kepada generasi selanjutnya. Manfaat perancangan ini adalah agar remaja dapat lebih mengenal dan mampu membantu melestarikan jajanan tradisional Sunda yang merupakan kekayaan daerah lokal. Metode yang digunakan adalah dengan merancang kampanye. Dengan menggunakan penggabungan media konvensional seperti event untuk mencicipi langsung jajanan dan juga media modern. Media modern yang akan digunakan yakni perancangan permainan puzzle game untuk ponsel untuk awareness dan website serta e-book di dalam website sebagai media informasi. Dengan pengunaan kedua media tersebut diharapkan kampanye ini dapat menyampaikan pengenalan jajanan tradisional secara tepat dan menarik.  
Institution Info

Universitas Kristen Maranatha