Institusion
Universitas Kristen Maranatha
Author
Hendrata, Tiffany (1064009)
Subject
NX Arts in general
Datestamp
2015-02-03 06:02:46
Abstract :
Kya-Kya Kembang Jepun merupakan pecinan di kota Surabaya yang sudah ada sejak tahun 1930. Tahun 2003 Dahlan Iskan selaku menteri BUMN memiliki ide untuk mengembangkan lokasi ini menjadi ikon kota Surabaya yang memiliki potensi cukup
baik. Namun dikarenakan harga makanan dan barang yang dijual terbilang mahal maka setiap tahunnya semakin sedikit pengunjung yang datang hingga tahun 2008 lokasi ini resmi ditutup.
Tujuan dari perancangan ini adalah untuk mengenalkan kembali Kya-Kya Kembang Jepun kepada keluarga di Surabaya sebagai ikon kota dan pecinan Surabaya. Manfaat perancangan ini adalah agar meningkatkan kebersamaan antar anggota keluarga dan kerabat melalui sebuah event.
Metode yang digunakan ialah membuat promosi melalui sebuah event yang diadakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Surabaya pada tanggal 31 Mei. Media promosi dalam perancangan ini berupa poster, iklan website, sosial media, iklan koran, flyer, X-banner, tiket, voucher promosi, dan gimmick yang terdiri dari pin, gantungan kunci, jam dinding, kipas, dan botol minum. Melalui perancangan promosi
pengenalan kembali Kya-Kya Kembang Jepun, masyarakat dapat mengenal kembali Kya-Kya Kembang Jepun sebagai ikon kota dan pecinan.