DETAIL DOCUMENT
Rebranding dan Promosi Indonesian Bamboo Community Melalui Perancangan Media Komunikasi Visual
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Maranatha
Author
Pratiwi, Margareta Herlina (1064032)
Subject
NX Arts in general 
Datestamp
2015-02-03 08:15:28 
Abstract :
Bambu merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan, dari akar hingga daunnya sebagai keperluan hidup baik untuk bahan bangunan, perabot rumah tangga, kerajinan, kesenian, alat musik dan bahan makanan, akan tetapi pemanfaatan bambu itu sendiri masih belum maksimal. Pemanfaatan bambu yang dilakukan salah satu komunitas bambu di Bandung bernama Indonesian Bamboo Community dengan membuat alat-alat musik modern yang berbahan dasar bambu. Dalam pemanfaatan bambu tersebut terdapat adanya bentuk alkuturasi antara seni modern dan seni tradisional melalui pemilihan alat musik seperti gitar dan biola yang berbahan dasar bambu. Dengan pemanfaatan bambu tersebut Indonesian Bamboo Community dapat menaikkan nilai bambu dan membuat bambu lebih dihargai di masyarakat. Karena ini merupakan suatu hal baru dan masyarakat Bandung belum mengetahui keberadaan Indonesian Bamboo Community maka diperlukan suatu pengenalan melalui branding dan promosi Indonesian Bamboo Community. Diharapkan setelah melakukan promosi ini, Indonesian Bamboo Community dapat diketahui dengan baik keberadaanya dan masyarakat menyadari bahwa bambu dapat dimanfaatkan menjadi produk yang lebih bernilai. Metode yang dipakai dalam adalah melakukan perubahan logo Indonesian Bamboo Community agar menjadi lebih baik. Selain itu medai-media yang dipakai dalam melakukan promosi adalah media cetak dan media sosial. Media cetak terdiri dari poster, brosur, flyer, x-banner dengan gimmick sticker dan pin. Media sosial terdiri dari website, facebook dan twitter.  
Institution Info

Universitas Kristen Maranatha