DETAIL DOCUMENT
Perancangan Branding Museum Balaputra Dewa Sebagai Sarana Memperkuat Citra dan Menarik Minat Anak Muda di Kota Palembang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Maranatha
Author
Anggelina, Katrin (1064096)
Subject
NX Arts in general 
Datestamp
2015-02-04 05:45:26 
Abstract :
Museum merupakan salah satu sarana penting untuk melestarikan budaya Indonesia, namun disayangkan keberadaannya kurang mendapat perhatian baik dari pemerintah maupun masyarakat. Tingkat kunjungan masyarakat yang rendah membuat pemerintah pun tidak maksimal dalam mengembangkan museum. Kondisi museum yang kurang diperhatikan perkembangannya oleh pemerintah membuat anak muda tidak tertarik berkunjung. Salah satu museum dengan tingkat kunjungan rendah adalah Museum Balaputra Dewa yang terletak di Sumatera Selatan. Posisi museum adalah sebagai salah satu sarana perekam jejak bangsa yang sangat penting. Jika anak muda tidak datang ke sana, tentu saja nilai-nilai luhur dari masa lalu tidak akan sampai ke anak muda dan tentu saja berimbas pada kurangnya rasa nasionalisme. Oleh karena itu, melalui ilmu DKV dirancanglah strategi branding Museum Balaputra Dewa untuk memperbaiki citra dan meningkatkan nilai Museum Balaputra Dewa sehingga anak muda di kota Palembang tertarik untuk datang ke Museum Balaputra Dewa. Konsep desain yang digunakan adalah media yang interaktif dan gaya desain menggunakan ornamen tradisional dan warna-warna khas sumatera selatan untuk memunculkan identitas bagi museum. Melalui perancangan ini diharapkan anak muda dan keluarga mau berkunjung sehingga lebih mengenal budaya sumatera selatan. 
Institution Info

Universitas Kristen Maranatha