DETAIL DOCUMENT
Analisis dan Usulan Perbaikan Sistem Informasi Manajemen (Studi Kasus di CV. Rocksider)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Maranatha
Author
Anggraeni, Wike ( 1023039 )
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
Datestamp
2015-01-30 07:28:24 
Abstract :
CV.Rocksider yang berdiri sejak tahun 2010 merupakan perusahaan distributor pakaian, celana, sandal, sabuk, dll. CV.Rocksider memiliki kantor pusat di Jl.Dr.Curie No.5. Tiga permasalahan utama yang terjadi diantaranya ketidakseimbangan antara piutang dan hutang perusahaan yang menghambat perputaran modal di CV.Rocksider sehingga perusahaan tidak dapat melakukan pembelian kepada supplier, tidak sesuainya barang yang dikirim dengan barang yang dipesan mengakibatkan menurunnya kepuasan konsumen, ketidaksesuaian antara produk yang ada di gudang dengan data pembelian dan penjualan. Kemungkinan penyebab dari ketiga permasalahan diatas adalah tidak adanya struktur organisasi yang jelas mengenai pekerjaan yang dilakukan serta pembagian posisi pekerjaan, tidak lengkapnya dokumen output yang digunakan yang berguna sebagai media penyampaian informasi, serta tidak tersedianya database mengenai data supplier (hutang) dan konsumen (piutang) yang lengkap, akurat dan dapat diakses dengan cepat dan mudah, selain itu tidak tersedianya database yang akurat mengenai data jumlah produk dan jenis produk yang ada di gudang. Penelitian ini membahas 3 prosedur yang terkait permasalahan di atas mulai dari pemesanan produk oleh konsumen hingga penagihan piutang konsumen, prosedur tersebut diantaranya : Prosedur Pemesanan Produk oleh Konsumen, Prosedur Pengeluaran dan Pemasukan Barang serta Prosedur Penagihan Piutang kepada Konsumen. Data tersebut dikumpulkan menggunakan metode observasi dan wawancara. Ketiga prosedur selanjutnya dianalisis kelebihan serta kelemahan menggunakan metode PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, Service) yang meliputi distribusi pekerjaan, teknologi dan dokumen yang digunakan. Usulan yang dirancang diantaranya perubahan struktur organisasi berdasarkan fungsi terkait dengan prosedur yang diusulkan yaitu menambah bagian administrasi untuk mengontrol penagihan piutang dan alur kas perusahaan. Usulan pada prosedur pemesanan produk oleh konsumen di antaranya penambahan dokumen Formulir Pemesanan sebagai media dalam memberikan informasi pesanan konsumen, penambahan proses mengecek piutang sebelum pesanan konsumen diverifikasi. Pada prosedur pengeluaran dan pemasukan barang ditambahkan proses pengecekan barang sebelum masuk ke dalam gudang, dan penambahan dokumen Bukti Terima Barang (BTB) untuk meningkatkan kontrol pada proses perpindahan barang dari satu pihak. Pembuatan interface program yang terintegrasi, meliputi ketiga prosedur yang sudah dibahas. Sistem komputerisasi yang terhubung kepada setiap bagian menggunakan sistem sistem LAN (Local area Network). Program tersebut membantu dalam pengontrolan proses pemasukan dan pengeluaran produk di gudang dan penagihan piutang kepada konsumen, program yang mampu memberikan peringatan mengenai piutang maupun hutang yang jatuh tempo. Usulan tampilan program yang diberikan didukung komputer dengan spesifikasi minimal memori ram 2 GB dan menggunakan software windows 7.  
Institution Info

Universitas Kristen Maranatha