Abstract :
RM Padang Bahagia yang berlokasi di jalan Prof.drg.Surya Sumantri berdiri sejak Oktober 2013. Masalah-masalah yang dihadapi oleh RM Padang Bahagia saat ini adalah penurunan omset penjualan sejak bulan Mei sampai dengan bulan Oktober tahun 2014. Jika dibandingkan dengan omset penjualan perbulan yang paling banyak pernah dicapai oleh RM Padang Bahagia dengan omset penjualan perbulan yang paling banyak mengalami penurunan, maka omset penjualan RM Padang Bahagia terhitung mengalami penurunan sampai dengan 51,4%. Oleh karena itu RM Padang Bahagia perlu mengetahui persepsi konsumen terhadap RM Padang Bahagia dan juga perlu mengetahui faktor-faktor yang dipentingkan konsumen dalam memilih rumah makan Padang juga perlu adanya melakukan pembaharuan dalam strategi bersaing. Selain itu juga perlu untuk mengetahui segmentation, targeting dan positioning sehingga dapat diperoleh beberapa usulan perbaikan untuk RM Padang Bahagia.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap pihak RM Padang Bahagia dan dilakukan dua kali pembagian kuesioner kepada responden. Variabel penelitian menggunakan konsep bauran pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence). Pembagian kuesioner pendahuluan bertujuan untuk mengetahui penting atau tidak pentingnya atribut kuesioner yang akan diteliti.
Kuesioner pendahuluan disebarkan sebanyak 30 buah kepada responden yang minimal berusia 12 tahun di sekitar RM Padang Anis, RM Padang Bahagia dan RM Padang Bunda. Berdasarkan kuesioner pendahuluan maka didapatkan faktor-faktor apa saja yang dipentingkan oleh konsumen dalam memilih rumah makan Padang. Kuesioner penelitian disebarkan sebanyak 130 buah di sekitar RM Padang Anis, RM Padang Bahagia dan RM Padang Bunda, teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling, dimana penyebaran kuesioner penelitian ditujukan pada responden yang pernah mengkonsumsi masakan Padang di RM Padang Bahagia, RM Padang Anis dan RM Padang Bunda.
Metode pengolahan data yang digunakan adalah Correspondence Analysis (CA) yang bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan pesaing pada rumah makan Padang berdasarkan persepsi konsumen, Importance Performance Analysis (IPA) yang bertujuan untuk mengetahui prioritas perbaikan RM Padang Bahagia, Uji Hipotesis yang bertujuan untuk mengetahui apakah konsumen merasa puas terhadap RM Padang Bahagia. Pada pengolahan data, metode Importance Performance Analysis (IPA) menyatakan semua hasil kinerja dan kepentingan RM Padang Bahagia sudah termasuk tinggi. Oleh karena itu untuk melakukan usulan maka peneliti melakukan penggabungan ketiga metode tersebut dengan menggunakan tabel prioritas perbaikan. Metode yang diutamakan adalah Correspondence Analysis (CA) kemudian Importance Performance Analysis (IPA) lalu Uji Hipotesis.
Usulan untuk RM Padang. Bahagia diperoleh dari penggabungan metode Correspondence Analysis (CA), Importance Performance Analysis (IPA), Uji Hipotesis. Adapun usulan perbaikan prioritas utama yang diberikan kepada RM Padang Bahagia adalah tidak mengurangi bumbu-bumbu masakan, menyediakan lahan di depan rumah makan sebagai tempat parkir, medesain papan reklame yang lebih besar dan menarik, menerapkan 3S (senyum, sapa, salam) pada karyawan, karyawan harus selalu menanggapi dan meresponin keinginan konsumen, menambahkan satu buah wastafel, menambah keterangan untuk memperjelas nota pembelian.