Abstract :
CV. Supra Anugerah adalah perusahaan yang bergerak di bidang jenis wafer yang berlokasi di jalan Soekarno Hatta blk 335, Bandung. Salah satu produk perusahaan adalah wafer MIMA. Pada tahun 2011, 2012, dan 2013 wafer MIMA mengalami penurunan penjualan di kota bandung . Pada tahun 2011 ? 2012 sebesar 14,2% dan pada tahun 2012- 2013 sebesar 20,2%. Salah satu penyebab faktor menurunnya penjualan adalah MIMA belum dapat bersaing dengan pesaingnya dan positioning belum tepat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui siapa pesaing utama wafer MIMA, faktor - faktor yang dianggap penting oleh konsumen, bagaimana Segmentation, Targeting, & Positioning dari wafer MIMA, untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan wafer MIMA dibanding pesaingnya, untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap wafer MIMA, dan memberikan usulan strategi pemasaran yang harus dilakukan CV. Supra Anugerah untuk menghadapi para pesaingnya.
Pada penelitian ini menggunakan konsep bauran pemasaran yaitu 4P (Product, Price, Promotion, Place) dan Segmentation, Targeting, Positioning (STP). Teknik sampling kuesioner pendahuluan yang digunakan adalah sampling kuota. Kuesioner pendahuluan disebarkan kepada 30 responden, yang tujuannya untuk mengetahui pesaing utama dan variabel yang dipentingkan konsumen dengan menggunakan skala Guttman. Setelah dilakukan penyebaran kuesioner pendahuluan, lalu dilakukan penyebaran kuesioner penelitian kepada 110 responden. Teknik sampling kuesioner penelitian yang digunakan adalah sampling purposive. Kuesioner penelitian dibagi menjadi 2 bagian, bagian pertama berisi mengenai profil responden dan bagian kedua mengenai tingkat kepentingan, tingkat performasi, dan peringkat wafer MIMA. Berdasarkan hasil kuesioner penelitian bagian 1 diolah untuk mengetahui persentase responden berdasarkan STP, sedangkan data dari kuesioner bagian 2 diolah dengan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA), Correspondence Analysis (CA), dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil IPA diketahui bahwa dari 25 variabel penelitian, 9 variabel berada di kuadaran 1, 8 variabel di kuadran 2, 5 variabel di kuadran 3, dan 3 variabel di kuadran 4. Sedangkan berdasrkan hasil CA wafer MIMA unggul 4 variabel, 14 variabel bersaing, dan 7 variabel tertinggal. Untuk Uji hipotesis menghasilkan 23 variabel
merasa tidak puas dan 2 variabel merasa puas. Usulan yang diberikan adalah berdasarkan pengolahan data dan analisis
gabungan. Analisis gabungan pertama berdasarkan correspondence Analysis (CA), lalu importance performance analysis (IPA), dan terakhir Uji Hipotesis. Selain itu terdapat juga usulan dari positioning. Usulan ? usulan yang diberikan adalah memperbaiki kejelasan tulisan mengenai berat bersih dan masa kadaluarsa, membuat desain kemasan plastik yang baru, mengubah sistem pengepressaan kemasan plastik, membuat bonus yang hanya dikeluarkan hanya periode tertentu, mencoba promosi melalui media cetak, menjadi sponsor di acara sekolah, membuat hadiah undian yang tidak mudah dilupakan konsumen, dan memanfaatkan media sosial untuk promosi. Untuk usulan positioning berupa slogan yaitu ?MIMA, macam rasanya, mantap nikmatnya.?