Abstract :
Sesuai dengan perkembangan jaman dan gaya hidup masyarakat yang semakin meningkat, aktifitas sehari-hari dapat membuat seseorang menjadi stress dan tidak dapat menikmati kehidupannya. Aktifitas sehari-hari yang dapat menimbulkan kejenuhan akan membuat seseorang menjadi kurang produktif dalam pekerjaannya. Sesekali seseorang membutuhkan waktu untuk bersantai dan melepaskan penat sehingga dapat menyegarkan pikiran.
Pada dasarnya Kota Bandung merupakan salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Nighclub and karaoke merupakan dua jenis bisnis yang tidak akan pernah mati dikarenakan antusias masyarakat untuk mencari hiburan dan tempat bersantai yang dapat melepaskan segala beban pikirannya dan menikmati pelayanan yang diberikan dari tempat tersebut, yang diharapkan dapat mengurangi stress karena aktifitas sehari-harinya.
Semakin banyaknya pesaing yang muncul menuntut perusahaan untuk menetapkan kiat ataupun strategi pemasaran yang tepat. Salah satu strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan
untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan kualitas kenyamanan dalam interior ruangan. Tujuan dari kualitas kenyamanan ini adalah untuk memberikan nilai lebih kepada konsumen, dan ukuran keberhasilannya adalah kepuasan konsumen dalam jangka
panjang sehingga membentuk loyalitas konsumen.
Metode yang digunakan adalah dengan cara kualitatif (dengan menganalisis data dari internet, survey lapangan, dan wawancara secara langsung) dan kuantitatif (dengan cara mengambil data-data yang didapat dari hasil wawancara). Data yang terkumpul akan digunakan
untuk membuat Nightclub and karaoke yang baik dan diminati oleh masyarakat.
Salah satu tempat di kota Bandung yang menyediakan tempat tersebut adalah ?El Cavalo & El Cavana Hotel? yang terletak di pusat kota Bandung, yaitu Jl. Pasirkaliki No.16-18 ,
Komplek Ruko Grand Eastern. El Cavalo berdiri tahun 2005 sampai dengan sekarang, sedangkan El Cavana Hotel berdiri tahu 2011. Keunggulan tempat ini diantaranya memiliki fasilitas-fasilitas seperti restaurant, lounge, hotel room, karaoke, billiard, spa, meeting room, dance floor.
Kesimpulan yang diambil oleh penulis adalah nightclub and karaoke sangat tepat untuk diterapkan di Kota Bogor berhubungan dengan minat masyarakat untuk menikmati antusias terhadap dunia hiburan dengan suasana yang private. Dengan memiliki desain yang baik, diharapkan tempat ini dapat memenuhi kepuasan konsumen.