Abstract :
PT. Duta Abadi Primantara menggunakan media sosial Instagram untuk
meningkatkan Brand Engagement strategi yang digunakan yaitu konten dan fitur.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi brand engagement
dan hambatan yang terjadi pada sosial media Instagram oleh Matras Serta
Indonesia (@sertamattressid).
Peneliti menggunakan teori yang dapat mendukung penelitian ini. Landasan
teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, teori
komunikasi pemasaran, teori bauran pemasaran, teori komunikasi pemasaran
interaktif, teori digital marketing.
Paradigma penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Postpositivisme
karena penelitian ini merupakan kejadian yang nyata. Metode yang
digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan proses teknik pengumpulan
data melalui wawancara dari beberapa narasumber terkait, menggunakan desain
studi kasus.
Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang digunakan untuk meningkatkan
brand engagement dan hambatan yang terjadi pada penggunaan Matras Serta
Indonesia dengan menggunakan konten, fitur sebagai alat daya tarik konsumen,
dan proses pelaksaan strategi dengan penentuan target audience, pembuatan
editorial plan, dan pembuatan konten dengan pesan informatif yang kreatif. Serta
interaksi dua arah dengan konsumen, selalu merespon, menanggapi konsumennya
dengan baik dan positif agar terciptanya engagement yang aktif sesuai dengan
objektif.