Institusion
Universitas Mercu Buana
Author
PAKPAHAN, HERMIYANTI HOLIZA
Subject
297.431 Buy Sell/Jual Beli
Datestamp
2019-09-25 04:26:11
Abstract :
The purpose of this research was to analyze the effect of performance of product
quality, price, and product availability on purchasing decisions and customer
satisfaction in headache medicine. This study used a purposive survey method, where
306 respondents had experienced headaches within 30 days and took Panadol during
the headaches. The proposed hypotheses testing employed the Structural Equation
Model (SEM) by using the LISREL 8.70. The results of the structural model analysis
show the variables of product quality, price and product approvals has affect to the
purchasing decision. Whereas for the satisfaction variable, both direct and indirect
effects of the three variables, product quality, price and product availability have a
positive and significant effect where the indirect effect is lower than the direct effect.
Keywords: product quality, price, product availability, purchasing decisions, customer
satisfaction.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kinerja variabel kualitas produk, harga,
ketersediaan produk terhadap keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan konsumen
pengguna obat sakit kepala. Penelitian ini menggunakan metode survei purposive sample
dengan 306 responden dalam kurun waktu 30 hari yang pernah mengalami sakit kepala dan
minum obat pereda sakit kepala merek Panadol. Pengujian hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini dilakukan dengan alat uji Model Persamaan Struktural (Structural Equation
Model–SEM) dengan menggunakan perangkat lunak LISREL 8.70. Hasil analisa model
struktural menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga dan ketersediaan produk
berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan terhadap variabel kepuasan, baik
secara langsung maupun tidak langsung ketiga variabel yaitu kualitas produk, harga dan
ketersediaan produk berpengaruh positif dan signifikan dimana pengaruh tidak langsung lebih
rendah dibanding dengan pengaruh langsung.
Kata kunci: kualitas produk, harga, ketersediaan produk, keputusan pembelian,
kepuasan pelanggan.