Abstract :
Strategi promosi merupakan hal yang berkaitan dengan masalah perencanaan,
pelaksanaan, dan pengendalian komunikasi persuasif dengan khalayak sasaran
untuk mencapai tujuan dari perusahaan. Perkembangan media komunikasi yang
sangat pesat sekarang ini menciptakan kesempatan dengan pola yang semakin
interaktif dan modern , dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yaitu internet.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang
dilakukan Coffee Rider melalui sosial media instagram untuk menarik minat beli
pelanggan di tahun 2018.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai Strategi
promosi , STP , Analisa SWOT dan bauran promosi , yang dikemukakan oleh Philip
, Kotler and Keller and Amstrong. Penelitian ini menggunakan paradigma
konstruktivisme , pendekatan kualitatif dan berisfat deskriptif , dengan metode studi
kasus. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam , observasi
, dan studi kepustakaan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa strategi
promosi Coffee Rider berhasil menarik minat beli pelanggan dilihat dari
peningkatan jumlah rata – rata penjualan perhari setiap tahun nya. Strategi promosi
yang dilakukan Coffee Rider menggunakan paid promote , give away , event ,
sponsorship event , discount price , dan instagram ads serta menggunakan fitur –
fitur instagram untuk memenuhi kebutuhan program promosinya